Program e-KTP Mulai Diberlakukan

Labuan - Program nasional elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di wilayah Pandeglang mulai dioperasikan. Pengoperasian data kependudukan dengan sistem elektronik itu, ditandai dengan di launcingnya pelaksanaan program itu oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, di kantor Kecamatan Karangtanjung.

Sekda Pandeglang, Dodo Juanda mengatakan, e-KTP ini merupakan program pemerintah pusat yang saat ini sedang gencar-gencarnya digalakan. Tujuan dari sistem pendataan penduduk seperti ini, yaitu agar mengetahui akurasi dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia, sehingga akan lebih mudah dalam pendataan jumlah penduduk yang ada.

Ia berharap, launching dilaksanakannya pembuatan e-KTP secara perdana di Kecamatan Karang Tanjung ini, bisa menjadi percontohan bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Disdukcapil, Deden Kuswan mengaku, sejauh ini dalam pelaksanaan pembuatan e-KTP belum ada kendala. Meski pun ada itu hanya kendala tekis saja, seperti ke khawatirannya akan kendala benturan kondisi cuaca. Tetapi, pihaknya optimisme pelaksanaan e-KTP bisa berjalan lancar.

Untuk saat ini memang untuk administrasi pembuatan e-KTP gratis, mengingat masih launching. Tetapi, kedepan nanti akan diatur oleh Peraturan Daerah (Perda) mengenai biaya retibusinya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.