» » 3 Cagar Budaya di Pandeglang Dipugar

Pandeglang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pandeglang, memugar salah satu benda cagar budaya (BCB) di Pandeglang, yakni Menara Air atau Water Turn yang berada di Jalan Masjid Agung Ar-Rahman, Pandeglang.

Bangunan bersejarah yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1884 ini, dulu memiliki fungsi untuk menyalurkan air bersih ke wilayah perkotaan Pandeglang. Namun, sejak puluhan tahun yang lalu, bangunan tersebut tidak berfungsi dan masuk ke dalam benda warisan sejarah yang harus dilestarikan.

Kepala Seksi Museum Kepurbakalaan, pada Disbudpar Pandeglang, Maman Nasih mengatakan, pemugaran Menara Air sudah dikonsultasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang.

Menurutnya, pada beberapa bulan lalu, pihaknya bersama BPCB Serang dan Banten Heritage melakukan inventarisasi BCB di Kabupaten Pandeglang. Ketiga yakni Menara Air, eks Tangsi Menes dan Bale Budaya.

Dia menjelaskan, pemugaran sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu dan akan selesai dalam 30 hari kedepan. Pemugaran Menara Air hanya dilakukan dibagian atap yang bolong dan pengecatan seluruh bagian bangunan.

Sementara itu, untuk eks Tangsi Menes selain di cat ulang dan dipugar beberapa bagian tembok dan juga dipasang pagar dan untuk Bale Budaya hanya dilakukan pengecatan ulang. (Mudofar/937)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply