Populasi Badak Jawa Meningkat

Pandeglang - Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meningkat. Data terakhir dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten, sebanyak 58 ekor. Pada tahun sebelumnya berjumlah 51 ekor.

Hal ini diketahui saat konferensi pers di Pendopo Pemkab Pandeglang, Rabu (25/02/2014). Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), M. Haryono mengatakan, angka tersebut didapatkan berdasarkan monitoring menggunakan kamera yang ditempatkan di Taman Nasional Ujung Kulon.

Monitoring menggunakan kamera berteknologi tinggi sudah dilakukan sejak 2011 lalu. Kamera berjenis bushnell bekerja secara otomatis dengan sensor gerak pada lokasi yang sering dikunjungi badak jawa.

Haryono menambahkan, hingga tahun 2013, tercatat dua ekor badak ditemukan mati, dan 3 yang tidak terekam kamera pengawas. Jumlah pemasangan kamera terus bertambah setiap tahun. Sejak 2011 sampai 2012 telah terpasang 40 kamera.

Hingga akhir 2013 telah terpasang 120 unit kamera. Dari pengoperasian kamera tercatat 1660 klip yang menangkap pergerakan badak jawa.

Monitoring yang dilakukan hanya bisa mendeteksi jumlah badak yang tertangkap kamera. Ke depannya masih akan dikembangkan teknologi dalam meneliti populasi badak jawa di Indonesia. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.