» » Warga Sukaresmi Gotong Royong Bangun Sodetan

Sukaresmi - Ratusan warga di tiga Desa yakni Desa Kubang Kampil, Desa Sidamukti, dan Desa Cibungur di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, secara gotong royong membangun sodetan di selokan aliran Cisanggoma yang menuju sungai Ciliman, guna meminamilisir bencana banjir yang kerap melanda daerah tersebut.

Salah satu warga di Kampung Simpang, Desa Kubang Kampil, Jumadi mengatakan, kegiatan sodetan ini merupakan inisiatif warga, karena sudah bosan dan jenuh dengan adanya banjir yang kerap melanda daerahnya.

Menurutnya, air yang merendam ini juga turut serta merendam puluhan hektar sawah milik warga. Akibatnya, para petani gagal memanen, akibat sawahnya yang terendam banjir.

Kepala Desa Kubang Kampil, Tb. Khusen menambahkan, sejak bulan Desember 2013 sampai dengan Februari 2014 ini, bencana banjir sudah melanda daerahnya sebanyak 7 kali. Menurutnya, setiap kali hujan deras turun, warga di Kampung Simpang Sukajaya, Simpang Masjid, Simpang Sukasari dan Simpang Empat selalu terendam air dengan ketinggian mencapai 60-70 Cm.

Menurutnya, kegiatan sodetan selokan Cisanggoma sepanjang 250 meter dengan lebar 3 meter dan kedalaman 2 meter yang dilakukan warga pada setiap hari Minggu dan Selasa ini, diharapkan mampu meminimalisir dampak banjir. Warga juga menurutnya, melakukan kegiatan tersebut dengan alat seadanya.

Untuk itu, dirinya meminta Pemerintah setempat, agar sekiranya mencarikan solusi atas bencana yang kerap dirasakan warganya tersebut. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply