» » Petani di Cibaliung Temukan Ribuan Koin Cina

Cibaliung - Warga Kampung Bengkok, Desa Mahendra, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, dihebohkan dengan penemuan benda bersejarah yang berbentuk koin dengan tulisan abjad China. Penemuan ribuan koin China itu pertama kali diketahui Jamud (50) beberapa pekan lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jamud tidak sengaja menemukan koin tersebut ketika hendak menanam jeruk di samping rumahnya. Dengan menggunakan cangkul dan linggis, Jamud yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini, dikagetkan ketika linggisnya membentur benda keras seperti batu.

Setelah digali lebih dalam terdapat ribuan koin yang dibungus kain dan injuk dengan kondisi sudah kotor dan disambung seperti kalung menggunakan seutas tali. Sekretaris Desa (Sekdes) Mahendra, Ahyani membenarkan, adanya penemuan ribuan koin oleh salah seorang warganya.

Pihaknya belum bisa memastikan koin itu benar benda bersejarah peninggalan China karena belum ada uji laboratorium. Saat ini ribuan koin tersebut masih disimpan di rumah Jamud.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Andi Kusdinar mengatakan, pihaknya akan mengecek koin tersebut, dan akan dilakukan pendataan apakah benda tersebut masuk benda bersejarah atau tidak.

Sementara itu, setelah informasi penemuan koin China ini merebak, banyak warga yang berdatangan ke rumah Jamud untuk melihat lebih dekat koin tersebut. Sebab, warga menyangka jika ribuan koin itu adalah emas yang memiliki nilai jual tinggi. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply