» » Dua DOB Bisa langsung Dimekarkan

Pandeglang - Pemerintah daerah diminta untuk segera menyelesaikan berbagai persoalan terkait rencana pemekaran dua Daerah Otonomi Baru (DOB) di Pandeglang, yakni DOB Caringin dan DOB Cibaliung. Dua bayi yang lahir bersamaan ini, dimungkinkan terjadi, bila memang seluruh kelengkapannya terpenuhi.

Asisten Deputi bidang Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kementerian Politik Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenpolhukam), Syafii dalam hearing dengan Pemkab Pandeglang di pendopo Pandeglang mengatakan, tidak menutup kemungkinan dua DOB yang diusulkan oleh Pandeglang ini bisa langsung dimekarkan.

Syafii juga sempat menanyakan mana yang lebih layak dari dua DOB yang diusulkan untuk dimekarkan. Namun, tidak menutup kemungkinan nantinya dua DOB yakni Cibaliung dan Caringin keduanya langsung dimekarkan.

Menurutnya, bila memang dimekarkan menjadi tiga wilayah, APBD Pandeglang akan berkurang. Namun jumlahnya tidak terlalu besar. Beban pembangunan juga akan berkurang karena akan menjadi beban dari DOB.

Terkait dengan rencana pemekaran, Syafii mengungkapkan pihaknya saat ini masih menunggu informasi dari DPR-RI untuk dilakukan pembahasan. Apalagi amanat presiden terkait pemekaran sudah keluar.

Sekda Pandeglang, Dodo Juanda mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan berbagai kelengkapan terkait pemekaran. Penyerahan itu sudah diberikan baik ke provinsi maupun pusat.

Dodo juga mengatakan, tidak mempermasalahkan bila memang Pandeglang dimekarkan menjadi tiga. Apalagi ada jaminan dari pemerintah pusat akan ada bantuan terkait penyelenggaraan pemerintah daerah. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply