» » Hanya 1 DOB di Banten Yang Akan Dimekarkan Tahun Ini

Dari kiri ke kanan, Kapolres Pandeglang, AKBP Anwar Sunarjo, Anggota DPR RI Dimyati Natakusumah, Sekretaris BPKC Thoni Mukson dan ketua BPKC Ayip Ali
Caringin - Tiga usulan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Banten, yakni Kabupaten Caringin, Cilangkahan dan Cibaliung yang masuk dalam enam besar dari 22 usulan DOB yang diperjuangkan Komisi II DPR-RI kepada Badan Legislasi (Banleg) DPR-RI, tidak semuanya akan dimekarkan pada tahun ini. 

Hal itu terungkap dalam kegiatan Halal Bihalal warga DOB Caringin bersama anggota Komisi II DPR RI sekaligus Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) H. Dimyati Natakusuma SH MH M.Si, diaula Koperasi Amanah Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Selasa (29/07/2014). 

Hadir dalam acara halal bihalal tersebut, seluruh pengurus Badan Pembentukan Kabupaten Caringin(BPKC), satuan Muspika, tokoh masyarakat dan perwakilan warga di 7 Kecamatan yang akan masuk ke dalam DOB Caringin, yakni Carita, Labuan, Jiput, Pagelaran, Cikedal, Patia dan Sukaresmi.

Dimyati mengatakan, pemekaran 3 Calon DOB ini sudah memenuhi syarat, sehingga menurutnya hal tersebut sudah layak dan lebih mampu untuk dimekarkan. "Jadi begini, ini kan ketiganya (DOB-red) sudah dapat Ampresnya, udah keluar, untuk membahas Undang-Undang DOB baru ini, tahapannya sudah 50 persen, tinggal dibahas dengan pemerintah," katanya.

Namun, dalam waktu menunggu sidang Paripurna pembahasan DOB yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 nanti, tidak semua DOB di Banten akan dimekarkan. Tidak dapat direalisasikannya 3 DOB secara berbarengan ini, dikarenakan terkait masalah anggaran. "Masa sidang bulan Agustus nih, itu akan dibahas. Tahapan inilah kita kawal," imbuhnya.

Namun, Dimyati tidak menyebut DOB mana yang akan menjadi prioritas yang akan dimekarkan. "Antara Cilangkahan, Cibaliung dan Caringin ini ada salah satu prioritas. Saya tidak bisa sebutkan yang mana prioritas itu, karena kalau saya sebutkan nanti ada yang marah salh satunya," tambahnya. Menurutnya, pengesahan DOB lainnya dapat dilakukan pada tahun mendatang. 

Sementara itu, Ketua BPKC, H. Ayip Ali mengatakan, pihaknya sangat optimis pemekaran Kabupaten Caringin akan segera terealisasi dan masuk sebagai prioritas yang akan dimekarkan pada tahun ini. 

Menurutnya, Komisi II juga memuat berbagai dasar dan alasan dilakukannya pemekaran wilayah. Karenanya, Caringin sangat layak untuk dimekarkan dan menjadi DOB hasil pemekaran dari Kabupaten Pandeglang. "Ya harapannya besar banget. Sangat antusias lah Caringin akan terbentuk. Prioritas tahun sekarang, karena pa Dimyati tadi bilang untuk periode ini dari 3 usulan DOB itu hanya satu karena keterbatasan anggaran. Jadi kami harapannya, kita titipkan ke Dimyati agar DOB Caringin dulu yang dimekarkan. Untuk tahun depan, silahkan yang lain," harapnya.

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply