» » Jemaah Haji Keluhkan Tempat Test Yang Jauh

Pandeglang - Para calon jemaah Haji (Calhaj) yang melakukan test kesehatan, di Puskesmas Labuan, mengeluhkan terkait jauhnya tempat test kesehatan terhadap para Calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2014. Salah satu Calhaj di Kecamatan Cadasari, Sudari mengatakan, dirinya mengeluhkan jauhnya tempat test kesehatan kepada Calhaj di Puskesmas Labuan. "Saya berangkat dari rumah itu pukul 07.00 WIB. Jauh banget tempatnya," katanya ketika ditemui di Puskesmas Labuan, Kamis (21/08).

Menurutnya, selain jauhnya tempat yang mesti ia datangi, juga diharuskan menunggu karena banyaknya antrian. Ia meminta, agar kedepan, pihak Dinas Kesehatan dapat membagi tempat test kesehatan, di beberapa zona agar Calhaj tidak terlalu jauh. "Datang kesini jam 08.30 WIB, ternyata jemaah lainnya udah penuh, antre lagi, lama lagi. Nanti mah tolong geh agar testnya di Puskesmas yang deket-deket saja. Kerepotan kalo gini terus," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, ketua panitia pemeriksaan jemaah haji Pandeglang, Dr. Firmansyah mengatakan, pihaknya pernah melakukan test kesehatan di tiga zona, namun dalam pelaksanaannya, para tenaga medis yang bertugas mengalami kecapaian. "Dulu pernah zaman pa Dais kita bagi zona-zona pemeriksaan test kesehatan, itu sampai 8 zona, kita petugasnya yang akhirnya kecapaian, kelelahan. Orang Dinas Kesehatan semua turun. Ya itu jadi kelelahan buat kami," katanya.

Menurutnya, dengan evaluasi tersebut, pihaknya pun memberlakukan test jemaah haji, dipusatkan di satu tempat. Sudah 2 tahun ini, test jemaah haji dipusatkan di Puskesmas Labuan. Hal itu dilakukan karena Labuan, menurut Dr. Firmansyah merupakan tempat strategis dan dapat dijangkau warga di Pandeglang Selatan.

"Di Labuan itu masuk kan, warga Pandeglang selatan ga terlalu jauh. Terakomodir semua, kita ngambil tengah-tengah disitu. Walaupun memang ada keluhan dari Calhaj, yang nanyain kenapa si jauh amat tempatnya, ya kita terangkan, makanya kita ngambil tengah-tengah ya di Labuan itu," tegasnya.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply