Pendidikan Agar Anak Kembali Bersemangat Sekolah Setelah Libur Panjang





1. Kembali Biasakan Tidur Pada Waktunya
Jika selama libur panjang si kecil diperbolehkan untuk tidur lebih larut daripada waktu tidur normalnya. Ketika waktu masuk sekolahnya telah dekat, maka waktunya anda kembali memberlakukan tidur diwaktu normal untuk si kecil. Waktu tidur yang cukup dimalam hari yang diperoleh si kecil, akan membuatnya merasa lebih bugar dipagi hari yang membuat ia siap kembali menjalani rutinitas pagi termasuk sekolah.

2. Kembali Biasakan Bangun Pagi
Salah satu hal yang paling disukai anak ketika mendapatkan hari libur adalah kesempatan ia untuk bangun lebih siang daripada biasanya. Kebiasaan ini bisa saja terus berlangsung dalam waktu yang lama selama masa liburan. Namun jika anda terus membiarkan hal ini terjadi, maka sikecil akan menemukan kesulitan bangun pagi seperti biasa saat ia harus kembali bersekolah. Untuk itu, biasakan kembali mengatur waktu bangunnya dipagi hari satu minggu sebelum ia masuk sekolah agar ia lebih terbiasa.

3. Siapkan Perlengkapan Sekolah Baru
Salah satu hal yang paling ditunggu oleh si kecil untuk kembali ke sekolah adalah perlengkapan sekolah baru. Perlengkapan dan peralatan baru yang ibu belikan membuatnya tak sabar ingin segera masuk sekolah. Hal ini sama artinya dengan meningkatkan semangat anak untuk kembali bersekolah. Untuk itu, tidak ada salahnya belikan perlengkapan baru untuknya sekolah.

4. Biasakan Untuk Tetap Belajar
Saat liburan panjang, mungkin sebagian besar anak memilih untuk bersenang-senang dan sejenak melupakan belajar yang selama ini telah menjadi rutinitas harian mereka. Anda dapat menyarankan mereka untuk tetap belajar, walaupun tidak sesering biasanya, misalkan cukup 3 kali dalam seminggu. Dengan membiasakan tetap belajar, maka anak tidak akan malas saat waktu sekolah tiba yang membuat mereka kembali dihadapkan pada belajar.

Berikut adalah beberapa tips agar anak dapat kembali bersemangat sekolah saat waktu liburannya telah usai. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.