» » Siswa SDN 4 Caringin Sibuk Latihan Karnaval Agustusan

Labuan - Siswa-siswi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, dalam beberapa hari terakhir ini, tengah sibuk berlatih lagu kebangsaan dalam rangka mengikuti kegiatan karnaval HUT RI ke 69, yang akan berlangsung pada hari Minggu (17/08/2014) di Kecamatan Labuan. Para siswa selain berlatih memakai alat musik drum band, juga menggunakan alat musik tradisional, seperti angklung, calung, dogdog, marawis, dan degung.

Guru kesenian di SDN 4 Caringin, Ruhima Rinaldi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengenalkan seni musik dan budaya yang akhir-akhir ini, sudah sangat jarang ditemukan.

“Dalam kegiatan karnavalan, kami di setiap tahunnya, selalu mengajarkan dan melatih kepada siswa, membawakan lagu kebangsaan dengan menggunakan alat musik tradisional. Karena kalo saya lihat, makin kesini, anak-anak khususnya siswa SD sudah jarang yang tahu tentang alat musik tradisional ini,” katanya.

Guru yang akrab disapa Pa Imat ini menambahkan, sudah seminggu terakhir ini, khususnya waktu sore hari, ia bersama siswa sibuk berlatih lagu-lagu kebangsaan menggunakan alat musik tradisional. “Ya biasanya kami kalo pas waktu istirahat dan sore hari, selalu berlatih. Bahkan tadi saja kami baru turun ke jalan. Ini pengen anak-anak. Lagian kami juga ga mau liat mereka grogi pas acara,” tambahnya.
Menurutnya, siswa yang ikut dalam kegiatan karnaval, merupakan siswa kelas 3, 4, 5, dan 6.

Kepala Sekolah SDN 4 Caringin, Agus Muhaeri, SS mengaku dirinya sangat mendukung penuh terhadap kegiatan seperti ini. “Saya jelas sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan kami konsen mengenalkan kepada siswa mengenai musik tradisional ini. Alhamdulillah kita juga mendapat bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupa ruangan untuk menyimpan semua alat musik ini,” ujarnya.

Menurutnya, selain untuk mengenalkan kepada siswa tentang seni musik tradisional, juga untuk melatih bakat dan keterampilan agar dapat bisa lebih terasah. “Supaya mereka nanti pas masuk ke jenjang yang lebih tinggi, sudah bisa mengembangkan bakatnya,” harapnya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply