» » Bidan Desa Jalin Kemitraan Dengan Dukun Parazi

Labuan - Satuan petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas dengan satuan Bidan di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, menggelar kemitraan antara Bidan Desa dengan Dukun Parazi di Puskesmas Labuan, Rabu (24/09/2014).

Koordinator Bidan se Kecamatan Labuan, Bidan Yayan Mulyani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merubah peran Dukun Parazi, dimana tadinya Parazi mempunyai tugas menolong ibu hamil saat persalinan, namun kini tugas mereka hanya sebagai perawatan ibu dan bayi pasca lahir.

“Kita menggeser peran parazi, tapi bukan berarti menggeser itu menghilangkan, tapi menggeser peran bahwa mereka tadinya yang menolong persalinan, kita geser mereka itu sebagai perawatan ibu dan bayi pada saat lahir. Yang menolong persalinan itu adalah bidan, kita bermitra, bersama-sama dan tidak ada yang dirugikan,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini Bidan dengan Parazi di Kecamatan Labuan sudah bekerja sama, namun belum semua bekerja baik dengan Bidan Desa. “Memang belum semua parazi sudah bekerjasama dengan baik dengan bidan. Paling sebanyak 25 sampai 30 persen yang belum bekerjasama dengan Bidan,” katanya.

Ketua Promkes Puskesmas Labuan, Bidan Sri Rezeki menambahkan, Parazi yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 33 dukun parazi. Dengan keberadaan 20 Bidan Desa yang ada di Labuan, diharapkan kedepan peran Parazi dan Bidan dapat bersinergi dalam menolong ibu saat persalinan.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita kuatkan bahwa kita betul-betul bermitra antara Bidan dengan Dukun Parazi di Kecamatan Labuan,” ucapnya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply