» » Dinkes Pandeglang Gelar Operasi Massal Katarak

Panimbang - Menekan jumlah penderita katarak di Kabupaten Pandeglang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang bekerjasama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek menggelar operasi mata gratis, khususnya bagi masyarakat tidak mampu, di Puskesmas Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Kamis (04/09/2014).

Kepala Puskesmas Panimbang, H. Endang mengatakan, peserta dari kegiatan ini, merupakan warga yang kurang mampu yang ada di 35 Kecamatan di Pandeglang, sebanyak 187 orang. Namun, para peserta sendiri harus melalui pemeriksaan ulang, dan target dari peserta sebanyak 60 orang.

Menurutnya, dari keseluruhan peserta, nantinya akan dioperasi dan diberikan obat oleh petugas. Selain itu, setelah dioperasi, peserta akan terus dipantau perkembangannya.

“Insya Allah program ini gratis, karena ini adalah program Pemerintah, dan Puskesmas Panimbang hanya sebagai penyelenggara, hanya menyediakan tempat dan membantu tekhnis daripada pelaksanaan dan kelancaran untuk operasi ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Pandeglang, H. Deden Kuswan didampingi Kepala Bidang Yankes Umum, Yeni Herlina mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kita kerjasama dengan BKMM, yang peduli terhadap kondisi kesehatan mata di Pandeglang,” ucapnya.

Menurutnya, di Kabupaten Pandeglang, jumlah sasaran estimasi penduduk yang menderita penyakit katarak sebanyak 1 persen dari jumlah penduduk. Itu artinya, dari 1.181.430 jiwa penduduk di Pandeglang, sebanyak 11.814 jiwa merupakan sasaran estimasi penyakit katarak, dengan data kasus yang ada di tahun 2014 ini sebanyak 203 orang.

Untuk menanggulangi hal itu, pihaknya terus melakukan penyuluhan ke setiap Puskesmas untuk menjaga dan melestarikan budaya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). “intinya menjaga kebersihan, hidup bersih dan sehat. Sebetulnya kuncinya di PHBS itu,” tegasnya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply