» » Tindakan Radikalisme Harus Diwaspadai

Pandeglang - Yayasan Rumah Cendikia menggelar Seminar Nasional dengan tema "Radikalisme vs Deradikalisasi Menjaga Negeri Ini Tetap Damai Toleran dan Bersahabat" di aula Baitul Hamdi Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Kamis (25/09/2014).

Pembicara dalam seminar ini menghadirkan mantan tersangka teroris, Zaenal Muttaqien, Rektor Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten, Prof Dr Bambang Pranowo MA, PWNU Banten, Dr Amas Tajudin, dan moderator Eko Supriatno Mpd dengan puluhan peserta dari mahasiswa.

Rektor UNMA Banten, Prof Dr Bambang Pranowo dalam materinya, menyampaikan pentingnya menangkal adanya tindakan radikalisme yakni dengan radikalisasi. Menurutnya, tindakan radikal harus diwaspadai, diantaranya bisa lewat penyadaran dan kewaspadaan.

“Kegiatan-kegiatan yang membawa ke radikal, itu harus diwaspadai. Tentu tindakan radikal tidak selalu negative awalnya. Tapi ketika kemudian dia menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuannya, disitulah harus diwaspadai,” ucapnya.

Bambang mencontohkan, sebuah Perguruan Tinggi dapat mencegah adanya tindakan radikalisme lewat memunculkan aspirasi yang positif dan mendorong pada perdamaian. Begitu pun dengan peran tokoh masyarakat dalam menangkal adanya tindakan radikalisme, lewat sosialisasi dan penyuluhan.

“Di setiap masyarakat kan ada tokohnya, ada tokoh agama, masyarakat dan sebagainya, itu harus diperankan untuk ikut menyebarkan faham-faham yang toleran, ramah, dan jika ada faham yang radikal harus diwaspadai, tentunya dengan cara yang bijak,” katanya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply