» » Kodam III Siliwangi Gelar Latihan Antisipasi Bencana Alam

Satuan TNI AD tengah foto bersama satuan Muspida Kabupaten Pandeglang, di Pantai Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (23/10/2014).
Labuan - TNI Angkatan Darat (AD) Kodam III Siliwangi menggelar latihan Penanggulangan Bencana Alam dengan tema “Satgas TNI Wilayah Banten Membantu Penanggulangan Akibat Bencana Alam Tsunami di Wilayah Korem 064/MY Dalam Rangka Pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang”, di pantai Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (23/10/2014) sampai dengan Jumat (31/10/2014).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) III, Brigjen TNI Suyatno, Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf Serang, Anna Supriyatna, Assisten Operasi Kodam III Siliwangi, Kolonel Infantri Supriono, Komandan Kodim (Dandim) 06/01 Pandeglang, Letkol Arh Asep Suganjar, satuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, Tagana Banten, beserta satuan Muspida di Kabupaten Pandeglang.

Kasdam III Brigjen TNI Suyatno mengatakan, berdasarkan kajian dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dengan BPBD, Kabupaten Pandeglang termasuk kawasan yang rawan akan bencana, termasuk bencana tsunami.

Untuk itu dengan adanya pelatihan ini, pihaknya bersama dengan unsur terkait memberikan pemahaman kepada masyarakat agar jika terjadi bencana, mampu untuk melatih aparat dan warga agar dapat meminimalisir banyaknya korban jiwa.

“Pelatihan itu diantaranya prosedur khusus staf, diantaranya BPBD dengan pihak terkait. Kalo sudah terlatih, nanti tentara mampu mengevakuasi warga dan menempatkan ke tempat yang aman,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, nantinya warga dapat memahami dan mampu menyelamatkan diri jika bencana terjadi.

“Mudah-mudahan sih jangan sampai bencana tsunami terjadi, tapi jika pun terjadi, warga dapat segera tahu apa yang akan dilakukan,” ujarnya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply