» » 3 Kecamatan di Pandeglang Rawan Penularan Penyakit HIV/AIDS

Pandeglang - Sebanyak 3 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, rawan terkena resiko penyakit Human Immunodeficiency Virus/Acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Dr Firmansyah mengatakan, 3 Kecamatan yang rawan terkena resiko penyakit mematikan ini, diantaranya Kecamatan Panimbang, Labuan dan Carita.

“3 Kecamatan ini memang dijadikan target kita. Dari tahun ini saja sudah 27 warga di Pandeglang positif terkena penyakit ini. 70 persen berasal dari warga di luar Pandeglang,” ucapnya saat menggelar sosialisasi bahaya penyakit HIV/AIDS, di aula Kantor Desa Banyubiru, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/12/2014).

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat khususnya di kalangan ibu rumah tangga dan kelompok tertentu yang belum mengetahui bahaya dan dampak dari penyakit tersebut.

“Berdasarkan survey yang kita lakukan, banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum mengetahui masalah ini, kecuali anak-anak sekolah yang aktif melihat pemberitaan baik melalui televisi atau di internet,” ucapnya.

Berdasarkan data yang ia himpun, dari kurun waktu Januari sampai dengan Desember 2014, sejumlah 27 warga di Kabupaten Pandeglang positif terkena penyakit HIV/AIDS ini.

Dari data tersebut, diketahui faktor penyebab tersebarnya penyakit ini, dikarenakan banyaknya pasangan yang melakukan hubungan dengan pasangan lain dan pemahaman akan warga itu sendiri.

Ia menjelaskan, guna menekan angka penyebaran penyakit menular HIVAIDS, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang menyisir sejumlah tempat hiburan malam dan beberapa rumah kos yang ada di Kabupaten Pandeglang.

"Sosialisasi ini sudah dilakukan di 3 Kecamatan yang jadi fokus kami dan diharapkan warga dapat mengetahui dampak dan bahaya dari penyakit ini,“ jelasnya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply