» » Lahir ke Dunia, Usus Bayi di Panimbang Keluar

Panimbang - Seorang bayi laki-laki anak pertama pasangan dari Santana (21) dan Kasmi (20) yang lahir di Kampung Kawung, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, pada Jumat (23/01/2015) pukul 06.00 WIB, terlahir dalam kondisi mengenaskan. Segala organ tubuh yang ada di dalam perutnya seperti usus besar, usus kecil dan lambung berada diluar perut atau menderita kelainan omphalocele.

Informasi yang dihimpun, awalnya bayi malang tersebut, lahir di rumah ibunya di Kampung Kawung, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang dibantu oleh Bidan Desa, Sri Wahyuni. Selama proses persalinan, bayi yang mempunyai berat 2,7 kg dan panjang 46 cm ini lahir secara normal dan selamat, begitu pun dengan sang ibu.

Namun, begitu mengetahui isi dalam perut bayi tersebut berada di luar perut, bayi yang diberi nama Muhammad Yusuf itu pun langsung dilarikan ke Puskesmas Panimbang.

Dokter yang memeriksa bayi, Dr. Taufan mengatakan, kondisi bayi dalam keadaan kritis. Dirinya menjelaskan, bayi tersebut terkena kelainan omphalocele, sebuah kelainan yang disebabkan karena virus torch yang pada saat proses kehamilan. Virus ini biasanya tertular virus dari hewan peliharaan.

“Virus torch ini bisa tertular dari hewan peliharaan, seperti kucing, bebek dan lainnya. Namun bisa juga dari konsumsi obat-obatan saat hamil tanpa ada resep dokter,” jelas Dr Taufan.

Kepala Puskesmas Panimbang, H. Endang mengatakan, bayi malang tersebut sudah di rujuk ke RSUD Pandeglang, untuk selanjutnya dirujuk kembali ke RS Rujukan di Serang guna perwawatan secara intensif.

“Bayi sudah dirujuk tadi pukul 11.00 WIB ke RSUD Pandeglang. Namun sepertinya dirujuk kembali ke Rumah Sakit rujukan di Serang. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menolong bayi tersebut,” katanya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply