» » Cuaca Buruk, Nelayan Tidak Melaut


Sejumlah nelayan di Kecamatan Labuan, nampak tidak berangkat melaut karena cuaca yang belum bersahabat. Foto diambil Selasa (28/04/2015).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sejumlah nelayan di wilayah Kecamatan Labuan dan Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, belum melakukan aktifitas melaut, karena cuaca belum bersahabat, mulai dari hujan lebat, ketinggian ombak laut tinggi serta angin kencang.

Salah seorang nelayan Kecamatan Labuan, Nurmansyah mengatakan, saat ini para nelayan memilih untuk tidak melaut, karena jika dipaksakan khawatir nantinya akan mengancam keselamatan.

“Sekarang ini cuaca sedang buruk, curah hujan juga masih cukup tinggi. Selain itu ombak laut juga ketinggiannya besar. Makanya kami (para nelayan-red) selama kurang lebih dalam seminggu ini tidak berani melaut. Karena kalau dipaksakan cuaca seperti ini bisa berbahaya,” katanya saat ditemui di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Selasa (28/04).

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Sukaresmi, Encep Waas mengatakan, sekarang ini dengan terjadinya cuaca buruk, menimbulkan bagang para nelayan yang rusak terkena ombak laut hampir mencapai ratusan, selain itu perahu yang kapasitasnya kecil sudah tidak bisa digunakan untuk melaut. Sebab Gelombang laut sangat besar.

“Terjadinya hujan lebat dan angin kencang disertai ombak besar itu sudah hampir empat lima hari, akibatnya para nelayan juga agak takut untuk melaut. Apa lagi bagi nelayan yang menggunakan perahu-perahu kecil, tentunya akan lebih rawan. Namun mesikpun ada yang memaksa melaut namun tidak terlalu ke tengah atau lama, karena khawatir bahaya,” ungkapnya.

Encep berharap, agar ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang untuk para nelayan, sebab akibat dari hal ini banyak nelayan kebingungan dalam mendapatkan kebutuhan sehari-hari, karena tidak adanya aktivitas yang lain.

“Memang ada juga sebagian nelayan yang mengambil kerang, ada juga yang mengojek, dan banyaknya yang memperbaiki jaring. Itu kan pendapatanya tidak seperti menangkap ikan,” ucapnya. (Mudofar/937)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply