Otak-Otak Terpanjang Ditargetkan Pecahkan Rekor MURI



Labuan - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pandeglang, membuat otak-otak terpanjang, dalam acara Bedah Desa Pesisir yang diselenggarakan oleh TNI AL, bersama sejumlah Kementerian dengan Pemerintah Provinsi Banten, di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (07/04/2015).

Kepala DKP Pandeglang, Tata Nanzar Riyadi mengatakan, selain ikut serta dalam program Bedah Desa Pesisir, pihaknya juga menargetkan mendapatkan rekor MURI dalam acara ini melalui makanan khas pesisir yaitu otak-otak terpanjang.

Untuk mencapai rekor tersebut, DKP bersama sejumlah masyarakat di Kecamatan Labuan, membuat otak-otak sepanjang 20 meter dengan diameter 20 centimeter.

"Rekor untuk makan otak-otak terbanyak kan udah di Sumatera, sebanyak 33.000 otak-otak, nah kita akan kejar rekor terpanjang dan terbesar," ungkap Tata di sela-sela pembakaran otak-otak, Selasa (07/04/2015).

Selain untuk meramaikan program Bedah Desa Pesisir, tambah Tata, ide ini untuk menunjukkan masyarakat bisa melakukan sesuatu yang besar. Sementara, untuk membuat otak-otak ini, DKP menghabiskan ikan tenggiri sebanyak 350 kilogram (Kg) hasil tangkapan nelayan setempat.

"Dengan bimbingan dan keyakinan mereka mampu bersama-sama melakukan sesutu yang tidak biasa. Kesulitannya sendiri adalah cara membungkus dengan daun. Masyarakat menghabiskan waktu selama dua hari karena prosesnya dan bahannya yang cukup banyak dimulai dari pencampuran bahan, pengukusan, hingga pembakaran," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, banyak pengunjung yang ramai mendatangi tempat dibakarnya otak-otak tersebut. Selain otak-otak, terdapat beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan setempat yang juga dibakar dan dibagikan secara gratis kepada pengunjung. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.