» » Jelang Bulan Puasa, Harga Sembako Merangkak Naik



KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Menjelang bulan suci Ramadhan 1436 H, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang mulai merangkak naik. Kenaikan cukup signifikan terjadi pada harga sembako jenis bawang merah dan daging ayam.

Kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok ini terjadi sejak sepekan terakhir di pasar tradisional di Labuan, Pandeglang. Salah satu pedagang sembako di pasar tradisional Labuan, H. Unang mengatakan, hampir sebagian besar harga komoditi utama terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurutnya, kenaikan harga paling mencolok terjadi pada bawang merah dari harga sebelumnya yakni dari Rp 26.000/Kg menjadi Rp 35.000/Kg. Belum tibanya masa panen yang kemudian berakibat pada minimnya pasokan diduga menjadi penyebab kenaikan harga ini, padahal seiring dengan semakin dekatnya bulan puasa, permintaan dari pembeli justru terus meningkat.

“Kenaikan harga kebutuhan pokok mulai terjadi sekitar dua pekan yang lalu. Kenaikan itu disebabkan karena mendekati bulan Ramadan,” ujarnya, Kamis (28/05).

Selain bawang merah, kenaikan harga juga terjadi pada sembako jenis daging ayam. Harga daging ayam potong kini telah mencapai Rp 30.000/Kg, naik Rp 2.000-3.000 dari harga sebelumnya.

Harga sembako yang tidak mengalami perubahan yakni bawang putih, yang masih seharga Rp 20.000/Kg, kemudian minyak goreng Rp 12.000/Kg, cabe merah Rp 30.000/Kg dan cabe rawit di harga Rp 24.000/Kg. Hanya tomat yang mengalami penurunan harga Rp 1.000 dari harga sebelumnya Rp 8.000 menjadi Rp 7.000/Kg.

Sementara, harga gula putih mengalami kenaikan harga, yang tadinya Rp 12.000 naik menjadi Rp 13.000/kg.

Menurut pedagang, kenaikan harga sembako di pasar diduga dikarenakan tingginya permintaan konsumen menjelang puasa Ramadhan tahun ini. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply