» » Peran Linmas Diberdayakan Satpol PP


Kasatpol PP Pandeglang, Agus Priyadi Mustika (kedua dari kanan) didampingi Camat Cisata dan Kapolsek Saketi saat memberikan materi dalam kegiatan bintek satuan Linmas, di kantor Kecamatan Cisata, Senin (25/05/2015).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Peran satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada saat terjadi bencana dan gejolak sosial di masyarakat menjadi unsur yang terpenting sebagai perwakilan Pemerintah di tingkat Desa/Kelurahan.

Oleh karena itu, dalam rangka mengembangkan kemampuan anggota Satuan Linmas dan masyarakat agar terwujud penanganan bencana dan permasalahan yang cepat dan tanggap, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pandeglang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Perlindungan Masyarakat tingkat Desa/Kelurahan, bertempat di Kantor Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang, Senin (25/05/2015).

Kasatpol PP Pandeglang, Agus Priyadi Mustika mengatakan, peningkatan peran satuan Linmas ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi anggota Satuan Linmas dan masyarakat dalam menghadapi gejolak sosial dan berbagai permasalahan di masyarakat, agar tercipta lingkungan yang aman tertib dan sejahtera.

“Kita memberikan pemahaman ini kepada masyarakat dan Linmas, karena Linmas ini bagaimana membantu masyarakat menciptakan kemamanan ketertiban lingkungan,” ujar Agus saat ditemui dilokasi acara.

Agus menjelaskan, peran linmas saat ini penting. Untuk itu, ia meminta kepada Kepala Desa agar segera memperhatikan Linmas dalam hal kesejahteraan. “Saya harapkan dengan adanya Linmas juga ada perhatian dari Kepala Desa. Bagaimana dia honornya, bagaimana dia pakaiannya. Dari mana (anggarannya), bisa dari APBDes,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai peran Linmas dalam momentum Pemilihan Kepala Desa (Pilkdaes) yang akan digelar dalam waktu dekat, Agus mengatakan, pihaknya siap mensukseskan hajatan tersebut lewat Linmas bergerak dalam keamanan dan ketertiban.

“Kami dari Satpol PP siap mendukung dari segi keamanannya. Bagaimana menciptakan tentang tata tertib selama gelaran Pilkades berlangsung,” ungkapnya.

Camat Cisata, Adhariadi, mengapresiasi langkah Satpol PP ini. Menurutnya, dengan kesiapsiagaan anggota Linmas yang ada di Desa, dapat meminimalisir adanya tindakan kejahatan dan kerawanan sosial.

"Kedepan Linmas ini harus mendata siapa siapa saja tamu yang masuk ke desa. Selain itu juga harus bisa memberikan rasa aman dan tertib agar tidak ada permasalahan di suatu masyarakat," ungkapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply