» » Petani di Pandeglang Masuki Musim Panen Kedua


KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Pandeglang, Wowon Dirman mengatakan, saat ini para petani di Kabupaten Pandeglang, tengah memasuki musim panen kedua di tahun 2015.

Panen kedua di tahun ini, kata Wowon, sudah berlangsung pada awal bulan April 2015. “Kondisi sekarang, petani di Pandeglang sedang melakukan tanaman yang kedua, karena kemarin pada bulan akhir Maret awal April 2015, mulai panen dan sekarang pada bulan Mei ini sudah mulai pengelohan lahan bahkan ada kelompok tani yang padinya sudah berumur satu bulan, seperti di daerah Gombong dan di Cikeusik,” kata Wowon beberapa hari lalu.

Wowon menjelaskan, luas sawah di Kabupaten Pandeglang sekitar 54.768 hektar. Menurutnya, dengan luas tersebut, potensi yang ada saat ini perlu pengembangan, dan memerlukan bantuan dari pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan hand traktor dan pompa air dari Kementrian Pertanian, masyarakat petani di Pandeglang, yang saat ini cenderung rada haroream macul (bertani) bisa membantu kekurangan tenaga kerja kelompok-kelompok tani yang ada di Pandeglang,” katanya.


Sementara itu, Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi mengatakan, dengan adanya bantuan traktor dan popa air untuk petani pastinya akan membawa dampak positif dan menjadikan petani Pandeglang lebih modern. Karena untuk bisa bersaing di bidang pertanian ternyata perlu terobosan dan alat-alat pertanian yang canggih sehingga tidak ketinggalan. 

“Dengan bantuan dari Pemerintah pusat ini lewat usulan dari kita (Pemkab) dan dari anggota DPR RI, mudah-mudahan kami harapkan para petani dapat bekerja kerja, kerja bagus supaya harapan bapak Presiden dan bapak Menteri terhadap Pandeglang bisa diwujudkan supaya Pandeglang bisa swasembada pangan dan punya ketahanan pangan,” katanya. (Mudofar/937)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply