» » Petani Pandeglang Diharapkan Bisa Kerja Keras



Pemkab Pandeglang menerima ratusan hand traktor dan pompa air, bantuan dari Kementrian Pertanian, pekan lalu.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi mengatakan, adanya bantuan traktor dan pompa air untuk petani pastinya akan membawa dampak positif dan menjadikan petani Pandeglang lebih modern. Karena untuk bisa bersaing di bidang pertanian ternyata perlu terobosan dan alat-alat pertanian yang canggih sehingga tidak ketinggalan.

“Dengan bantuan dari Pemerintah pusat ini lewat usulan dari kita (Pemkab) dan dari anggota DPR RI, mudah-mudahan kami harapkan para petani dapat bekerja kerja, kerja bagus supaya harapan bapak Presiden dan bapak Menteri terhadap Pandeglang bisa diwujudkan supaya Pandeglang bisa swasembada pangan dan punya ketahanan pangan,” katanya saat ditemui pasca penyerahan bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian, di Balai Benih Induk (BBI) Caringin, Kecamatan Labuan, pekan lalu.

Menurutnya, saat ini masih sangat banyak para petani di Pandeglang yang masih menggunakan alat manual dalam mengelola lahan pertaniannya, sehingga mereka masih dalam keterbatasan. Dan itu menurutnya, produktivitas pertanian tidak akan bisa maksimal, karena proses pengelolaan pertanian dengan menggunakan alat manual itu tidak bisa cepat.

“Dengan alat manual, para petani yang seharusnya dalam setahun melakukan penanaman dua kali, tetapi hanya bisa dilakukan satu kali saja. Untuk itu dengan telah diberikannya alat pertanian tersebut, harapan kedepan target swasemabada Nasional bisa tercapai,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Wowon Dirman mengatakan, luas sawah di Kabupaten Pandeglang sekitar 54.768 hektar. Potensi yang saat ini perlu pengembangan, jelas sangat diperlukan bantuan-bantuan dari pemerintah pusat. Misalnya bantuan alat-alat pertanian, atau peningkatan sumber daya manusia. Sehingga petani Pandeglang siap dengan konsep petani modern dalam menghadapi tantangan zaman.

“Mudah-mudahan masyarakat petani di Pandeglang, yang saat ini cenderung rada haroream macul (bertani) bisa membantu kekurangan tenaga kerja kelompok-kelompok tani yang ada di Pandeglang,” katanya.

Anggota DPR RI Komisi IV, Irna Narulita meminta kepada kelompok tani agar bantuan traktor dijaga dan dirawat supaya bisa bermanfaat dengan baik.

“Saya juga minta para petani agar bisa memberdayakan lahan kosong supaya tidak ada lahan tidur. Kami akan terus perjuangkan untuk membangun sarana irigasi di Pandeglang supaya ketersediaan air bisa terjaga,” katanya. (Mudofar/937)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply