» » Petani Jiput Panen Timun Suri


Buah timun suri atau di Pandeglang biasa disebut bonteng puan, menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi warga di Pandeglang, dimoment bulan puasa.

KRAKATAURADIO.COM, JIPUT - Sejumlah petani di Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, mulai memanen buah timun suri atau yang akrab disebut bonteng puan. Kecamatan Jiput memang terkenal menjadi sentra penghasil timun suri di Pandeglang. Sudah menjadi tradisi setiap tahun petani di Jiput menanam timun suri.

Salah satu petani timun suri di Desa/Kecamatan Jiput, Husen mengatakan, sudah menjadi kebiasaan bagi para petani yang ada di Jiput dan sekitarnya jika menjelang bulan Ramadhan memanen dan menanam timun suri.

“Timun suri di panen pada saat bulan Ramadan seperti ini, dan biasanya para pembeli datang dari beberapa wilayah kecamatan lainya, mulai dari Labuan, Panimbang, Pagelaran, Cibalung, Pandeglang, Menes, Saketi, Bojong dan wilayah Pandeglang lainnya,” katanya.

Petani timun suri lainnya, Dahri menjelaskan, biasanya dimoment awal Ramadhan seperti ini, harga timun suri cukup tinggi. Jumlah petani sendiri yang panen buah timun suri, , tambah dia, juga masih bisa sedikit.

“Maka wajar kalau saat ini harganya masih mencapai Rp 10 ribu per satu buah. Biasanya selain dijual satuan, di sini juga dijual per bakul, harganya dari mulai Rp 25-35 ribu. Jumlah isi per bakul bervariasi tergantung kualitas timun surinya,” ujarnya.

Camat Jiput, O Syahroni membenarkan jika Kecamatan Jiput merupakan daerah penghasil timun suri. Karena hampir setiap tahun di bulan Ramadan, timun suri selalu banyak dipanen dan ditanam para petani, sehingga mampu memenuhi kebutuhan keluar daerah Jiput.

“Ini merupakan potensi yang perlu dijaga. Selain akan memberikan keuntungan bagi para petani, adanya timun suri juga bisa membantu menyegarkan tanah dan hama,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Pasar Labuan, keberadaan buah timun suri ini sudah bisa ditemukan disana. Terlihat pada Kamis (18/06) menjelang buka puasa, sudah banyak para pedagang yang menjual timun suri di pasar Labuan.

Menurut para pedagang, berjualan timun suri dibulan puasa, keuntungan yang didapatkan lumayan besar. Ditambah, minat masyarakat yang tinggi akan kebutuhan timun suri sendiri. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply