» » Warga Pandeglang Gelar Munggahan di Pantai


Kapolsek Pagelaran, Iptu Damin bersama anggota kepolisian dan tokoh masyarakat di Kecamatan Pagelaran, saat mengunjungi kawasan wisata pantai Karoeng, Selasa (16/06/2015).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Objek wisata Pantai Karoeng, di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, dipadati wisatawan yang memanfaatkan mengisi hari libur menjelang Ramadhan 1436 Hijriah. Mereka datang beramai-ramai bersama keluarga dan kerabat dalam rangka menggelar tradisi ‘munggahan’.

Tradisi munggahan sendiri selalu dilakukan masyarakat di Kabupaten Pandeglang, menjelang datangnya bulan puasa. Munggahan biasa dilakukan dengan cara makan bersama keluarga atau kerabat, baik ditempat wisata atau dirumah masing-masing.

Berdasarkan pantauan, Selasa (16/06/2015), wisatawan lokal yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Pandeglang datang ke lokasi berbondong-bondong bersama kerabat dan keluarganya dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, sambil membawa sejumlah bekal berupa makanan.

Salah satu pemilik warung di pantai, Farida mengatakan, sudah empat hari ini masyarakat Pandeglang memadati wisata pantai untuk menikmati liburan jelang Ramadhan dengan jumlah mencapai ribuan orang.

“Ini sudah menjadi tradisi, warga selalu memanfaatkan liburannya ke pantai karoeng ini, karena di samping jaraknya relatif dekat, pantai wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, selain itu, juga selalu ramai dikunjungi warga,” katanya.

Kapolsek Pagelaran, Iptu Damin mengatakan, pada moment munggahan tahun ini, pihaknya mempersiapkan 10 personil yang berjaga disekitar pantai. “Terkait pengamanan pertama anggota Babinsa di Desa masing-masing diarahkan untuk pengamanan di pantai kemudian dibantu dengan anggota lain. Himbauan saya kepada masyarakat jika berenang dilaut jangan sampai melewati batas aman, terutama anak kecil dan orangtua harus mengawasi kegiatan anak-anaknya di pantai,” ucapnya saat memantau pengamanan pantai karoeng, Selasa (16/06).

Adapun terkait belum adanya penjaga pantai atau Liveguard, menurut Kapolsek, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola pantai, agar segera menyediakan penjaga pantai, karena di pantai karoeng sendiri diketahui belum ada penjaga pantai. Sementara berkaca pada moment yang sama ditahun lalu, terdapat anak kecil yang tenggelam di pantai tersebut.

“Upaya polsek dalam hal ini menjaga keamanan di pantai, saya akan mengerahkan kepada pengelola agar menyediakan regu pengamanan atau liveguard. Untuk itu, faktor kelalaian orangtua juga, jangan sampai menjadi kebiasaan. Anaknya harus diawasi ketika berenang dilaut,” tambahnya.

Adapun, tempat wisata yang ramai dikunjungi warga Pandeglang, di moment liburan jelang ramadhan ini, diantaranya kawasan Pantai Carita di Kecamatan Carita. Kemudian, pantai Tanjung Lesung dan pantai Kerang di Kecamatan Panimbang serta wisata pemandian air gunung Cikoromoy di Kecamatan Cimanuk dan Cihunjuran di Kecamatan Mandalawangi. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply