» » 75 Poktan di Pandeglang Terima Bantuan Alsintan



Salah satu Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Pandeglang, menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari pemerintah. Bantuan diserahkan di Balai Benih Induk (BBI) Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (03/07/2015).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 75 Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Pandeglang, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa hand traktor dan mesin pompa air. Bantuan Alsintan ini terbagi atas 55 unit hand traktor dan 20 unit pompa air.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana (Sapras) pada Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang, Wahyu Widayanti mengatakan, bantuan alat pertanian ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten.

“Bantuan alat pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian diwilayah Kabupaten Pandeglang, karena kita tahu sekarang ini kan masih banyak petani yang mengolah lahan pertaniannya masih menggunakan alat yang tradisional, sehingga produksi pertaniannya tidak bisa maksimal,” ungkapnya saat ditemui saat menyerahkan bantuan, di UPT Balai Benih Induk (BBI) Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (03/07/2015).

Wahyu mengatakan, petani saat ini harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, untuk hasil pertanian yang maksimal, seperti penggunaan hand traktor ini. Menurutnya, dengan adanya bantuan tersebut, selain dapat meningkatkan hasil produksi tani, juga para petani harus mampu merawat dan menjaga bantuan ini.

“Biasanya alat ini kalo memang bisa dirawat mampu bertahan sampai dengan 5 tahun. Makanya saya berpesan agar para petani dapat menjaga dan merawat bantuan ini dan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk kepentingan kelompok,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sumber anggaran bantuan alat mesin pertanian tersebut dari APBN Perubahan tahun 2015. Kedepan, tambah dia, akan disalurkan kembali bantuan Alsintan berupa hand traktor sebanyak 50 unit. “Insya Allah habis lebaran nanti, akan ada bantuan mesin pertanian berupa hand traktor lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana UPT Alsintan Caringin, Kecamatan Labuan, Harun mengatakan, para petani memang sangat membutuhkan alat pertanian ini, dalam meningkatkan produktivitas pertaniannya.

“Mudah-mudahan kedepan para petani dipandeglang bisa lebih maju lagi, kesejahteraanya juga bisa meningkat,” tuturnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply