» » Jelang HUT TNI Ke-70, Langit Banten Dipenuhi Pesawat Tempur



Latihan tempur TNI AU (Ilustrasi).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 70 yang akan digelar 5 Oktober 2015, langit Banten sudah dipenuhi oleh pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) yang sedang melakukan simulasi atau latihan jelang perayaan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut.

Berdasarkan pantauan, sudah beberapa hari yang lalu, langit di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dan sekitarnya, dilewati oleh pesawat tempur tersebut. Biasanya, beberapa pesawat tempur lalu lalang sekitar pukul 11.00 WIB sambil membentuk formasi.

Untuk diketahui, markas besar TNI sudah menyiapkan upacara perayaan hari jadinya di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, Senin (05/10/2015) pekan depan. Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri dijadwalkan hadir dalam perayaan HUT TNI itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto melalui siaran pers mengatakan, Angkatan Udara akan memeriahkan perayaan HUT TNI dengan menerbangkan 155 unit pesawat berbagai jenis.

"Pesawat-pesawat tersebut akan melaksanakan berbagai misi, seperti demonstrasi Operasi Udara Gabungan (Opsgab) TNI, fly past, aerobatik, dan SAR tempur," katanya.

Dwi melanjutkan, Angkatan Udara menyiapkan 16 unit pesawat tempur untuk demonstrasi Opsgab TNI. Pesawat tersebut terdiri atas enam unit F-16, enam unit Sukhoi SU-27/SU-30, dan empat unit T-50 Golden Eagle. "Enam belas pesawat tempur itu akan tunjukkan serangan udara strategi TNI AU," ujar Dwi.

Selain jet tempur, Angkatan Udara akan mengerahkan dua unit C-130 Hercules dan dua unit CN-295 untuk menerjunkan pasukan. Sesuai rencana, dua unit F-16 akan mengawal empat pesawat angkut ketika “memuntahkan” pasukan terjun payung. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply