» » Ruwat Laut di Umbultanjung Tidak Melepas Kepala Kerbau


Puluhan perahu hias meramaikan acara ruwat laut yang digelar nelayan di Desa Umbultanjung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Rabu (28/10/2015).

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Pesta ruwat laut yang digelar ratusan nelayan di pesisir Pantai Desa Umbultanjung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, tidak disertai dengan prosesi melepas kepala kerbau dilaut.

Kepala Desa Umbultanjung, Kecamatan Cinangka, Hutbi mengatakan, sudah hampir 10 tahun budaya membuang kepala kerbau tidak dilakukan dalam kegiatan ruwat laut disana.

“Budaya itu perlahan-lahan sudah tidak ada. Ini sekedar syukuran aja, paling juga ada arak-arakan ke laut. Kalo buang kepala kerbau sudah ga ada. Sudah hampir sekitar 10 tahun lebih tidak dipakai, karena sebagian permintaan tokoh masyarakat disini, boleh saja hiburan tapi jangan bertentangan dengan akidah Islam," ungkapnya ditemui Rabu (28/10/2015) dikantor Desa.

Hiburan wayang golek yang disediakan nelayan untuk masyarakat.
Hutbi menjelaskan, dalam acara ini, ratusan masyarakat mengikuti pawai perahu hias, dan menampilkan kesenian tradisional seperti wayang golek, jaipongan dan pesta rakyat.

“Pesta luat ini sudah dimulai dari hari Selasa 27 Oktober sampai dengan hari Kamis 29 Oktober. Mayoritas masyarakat disini bekerja sebagai nelayan sisanya petani kebun dan petani sawah,” jelasnya.

Acara ruwat laut sendiri digelar di pesisir pantai dekat kantor Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Umbultanjung. Ruwat laut sendiri merupakan simbol bentuk syukur kepada Allah SWT atas berkah hasil laut yang melimpah.

Hutbi menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini. Namun, dirinya meminta agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk bisa membantu kegiatan masyarakat dengan adanya dukungan materi.

“Kegiatan ini mempertahankan budaya, harusnya pemerintah yang menganggarkan buat acara ini. Selama ini nelayan swasembada. Mereka gotong royong dalam hal biayanya,” ujarnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply