» » Ada Gempa Kecil, BMKG Imbau Warga Jangan Panik Ada Tsunami



KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang, Parmin mengatakan, masyarakat yang merasakan adanya gempa dengan skala kecil, tidak perlu khawatir, karena gempa dengan skala kecil tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Indonesia diselimuti oleh beberapa lempengan besar. Gempa di Indonesia itu hampir setiap hari ada. Tapi kalo skalanya kecil, ga menimbulkan tsunami. Jadi gempa yang bisa menimbulkan tsunami itu ada 4 ciri-cirinya, pertama kekuatannya diatas 6,3 atau 6,5 SR. Kemudian kedua proses terjadinya gempa itu patahannya secara vertical dan ketiga gempa terjadinya di laut dan terakhir kedalaman daripada proses terjadinya gempa sendiri,” tutur Parmin saat dikonfirmasi, Rabu (04/11/2015) siang.

(Baca http://www.krakatauradio.com/2015/11/gempa-bumi-52-sr-guncang-pandeglang.html)

Seperti diketahui, berdasarkan penelitian dari BMKG, sepanjang garis pantai yang ada di Kabupaten Pandeglang, rawan terjadi bencana tsunami. Menurut Parmin, apabila dari empat faktor yang disebutkan tidak ada, maka bisa dipastikan gempa yang terjadi tidak menimbulkan tsunami.

“Empat faktor itu harus terpenuhi apabila akan terjadi tsunami. Jadi masyarakat ga perlu khawatir dan resah. Kami mengimbau ga usah panik. Pokoknya kalo memang ada tsunami itu informasinya hanya dari BMKG, jadi jangan terpengaruh oleh isu-isu dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” imbuhnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply