» » Baru Dibangun, Jembatan Ciberem Ambruk Lagi



Jembatan Ciberem, yang baru beberapa waktu lalu dibangun, terlihat rawan ambruk.

KRAKATAURADIO.COM, PATIA - Jembatan Ciberem yang berada di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, ambruk kembali, pada Kamis (26/11/2015) sekitar pukul 15.30 WIB. Ambruknya jembatan yang dibangun dua minggu lalu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten ini, diduga karena kualitas pembanguan yang buruk.

Jembatan Ciberem dengan panjang sekitar 12 meter dan lebar tiga meter ini, merupakan akses transportasi yang menghubungkan Desa Ciawi dengan Desa Idaman, Kecamatan Patia.

Seperti diketahui, jembatan ini dulu pernah ambruk saat dilintasi satu unit mobil pick up yang terperosok, pada Senin (19/10/2015). Namun, dua mingggu yang lalu jembatan ini diperbaiki oleh BPBD Kabupaten Pandeglang, dengan sumber anggaran dari BPBD Provinsi Banten. Tetapi, saat ini mengalami ambruk kembali.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Patia, Ade Madkosim mengatakan, jembatan ini ambruk setelah material kayu yang berfungsi sebagai penahan dilepas. Namun, tiba-tiba jembatan ambruk dengan sendirinya lantaran bangunan tak kuat.

“Pembanguan jembatan ini seperti menghamburkan anggaran. Pengerjaan juga terlihat asal-asalan oleh kontraktor. Pekerjaanya juga melibatkan masyarakat secara swadaya. Mungkin alasan saja, anggaranya kecil,” katanya.

Kepala Desa Ciawi, Saimi, membenarkan jika jembatan yang dibangun sudah selesai dua minggu lalu kualitasnya buruk. “Ya, kalau gak asal-asalan membangunya gak bakal ambruk lagi,” ucapnya.

Terpisah Kepala Desa Idaman, Ilman mengaku, jika pembanguan jembatan tersebut dibangun oleh para pekerja secara swadaya. “Warga Desa Idaman sangat antusias ingin membagun jembatan itu bersama BPBD. Lantaran, jembatan itu sangat vital sebagi satu-satunya akses transportasi masyarakat,” ungkapnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply