» » BPBD Siaga Banjir dan Angin Kencang



Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, memberlakukan status siaga bencana banjir dan angin kencang sehubungan memasuki masa transisi dari musim kemarau ke penghujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan, mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) agar waspada bencana banjir. Sebab, wilayah Kabupaten Pandeglang merupakan langganan banjir, longsor serta angin kencang.

"Kami minta warga meningkatkan kewaspadaan jika hujan lebat dan angin kencang," katanya beberapa waktu lalu.

Pemberlakuan status siaga banjir dan angin kencang diberlakukan, setelah puluhan rumah di Desa Caringin, Kecamatan Labuan dan Desa Saketi, Kecamatan Saketi rusak akibat angin kencang. Puluhan rumah tersebut tersapu angin puting peliung yang menyebabkan warga harus tinggal di rumah kerabat.

Doni menjelaskan, apabila musim hujan tinggi, dipastikan sejumlah DAS meluap hingga menimbulkan banjir. Beberapa Kecamatan yang rawan banjir diantaranya Kecamatan Labuan, Pagelaran, Sukaresmi, Patia, Sindangresmi dan beberapa Kecamatan lainnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Forum Relawan Bencana (FRB), peralatan evakuasi, dan logistik termasuk obat-obatan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi banjir, longsor dan angin kencang.

BPBD juga, tambah dia, sudah mengirimkan surat imbauan kepada aparat camat dan desa agar mereka mewaspadai kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply