» » Hujan Disertai Petir Masih Berpeluang Terjadi di Pandeglang


Ilustrasi hujan disertai petir.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang, memperkirakan hujan disertai petir masih berpeluang terjadi di Kabupaten Pandeglang.

"Di daerah Pandeglang itu potensi terjadi hujan itu masih cukup tinggi bahkan disertai angin kencang dan petir. Itu masih berlanjut 3 hari sampai 10 hari kedepan. Prosesnya masih sama seperti ini," kata Kepala BMKG Kelas 1 Serang, Parmin, saat di konfirmasi di babak Ngopi, Selasa (19/01/2016).

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya petir yang sangat kuat pada siang menjelang sore hari. "Khususnya para nelayan harus hati-hati pada saat melaut, bahwa kemungkinan terjadinya gelombang tinggi itu pada sore hari sering bermunculan akibat daripada adanya awan-awan konvektif yang dapat menimbulkan pengaruh pada tingginya gelombang," kata dia.

Dengan adanya pemanasan lokal yang masih kuat, kata dia, angin kencang diprakirakan masih berpeluang terjadi karena pembentukan awan Cumulonimbus (pemicu terjadinya angin puting beliung, red) masih tinggi.

"Itu penyebabnya adalah banyak dipengaruhi karena banyaknya daerah perbukitan dan daerah pesisir pantai gitu. Dan el Nino kami prediksi sampai bulan Februari masih cukup tinggi, nanti bulan Maret akan ada penurunan, namun akan terjadi curah hujan," tambahnya.

Parmin menyebutkan, di Kabupaten Pandeglang, curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi di beberapa Kecamatan, diantaranya Cibaliung, Banjar, Cikeusik. “Tidak ada yang ekstrem untuk bulan januari, kecuali di beberapa titik, itu curah hujan bulan januari masih sedikit diatas normal,” jelasnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply