» » Sudah tahu? Ini manfaat kopi hitam untuk atasi asma

Merdeka.com - Tak menyangka, pahitnya kopi hitam mampu menjadi penolong di saat seseorang terserang asma secara tiba-tiba. Selama serangan asma, lapisan saluran udara menjadi bengkak atau meradang yang disebabkan oleh penyempitan otot di sekitar saluran udara.

Gejala-gejala asma antara lain adanya mengi parah, napas cepat, batuk, dan kesulitan berbicara. Pertolongan pertama pada penderita asma biasanya dilakukan dengan memposisikan pasien duduk tegak dan melonggarkan pakaian yang ketat bersama dengan penggunaan inheler.

Lalu, bagaimana jika tidak ada inheler yang tersedia?

Melansir dari thehealthsite.com, kopi, telah ditemukan cukup efektif memberikan pasien asma sebagai pertolongan pertama hingga pasien mendapatkan pertolongan medis. Ini karena setiap sel dalam tubuh memiliki reseptor rasa.

Ini juga karena rasa pahit memiliki tindakan farmakodinamik pada jaringan yang berbeda dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi hitam pahit dapat melebarkan otot bronkus selama serangan asma.
Pendapat ini didukung oleh para peneliti dari University of Maryland yang mengungkapkan bahwa reseptor rasa pahit terletak di paru-paru. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa tak seperti di lidah, reseptor yang berada di paru-paru tidak mengirim sinyal ke otak. Namun, dia hanya menanggapi zat yang memiliki rasa pahit.

Oleh karena itu, jika kamu tengah berada dalam situasi darurat di mana seseorang terserang asma dan tak ada inheler yang tersedia, maka kopi pahit dapat diandalkan. Berikan sedikit kopi pahit pada mulut pasien sembari menunggu pertolongan medis datang.

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply