» » Bupati Minta Warga Urus Akta Kelahiran




KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Banten, Erwan Kurtubi, meminta warganya untuk mengurus akta kelahiran, dan tidak menunggu sampai anaknya besar.

"Beberapa hari setelah lahir langsung diurus aktanya, jangan menunggu anak besar, atau membutuhkan akta untuk keperluannya baru dokumen itu dibuat," katanya seperti dikutip antarabanten.com.

Menurut dia, akta kelahiran merupakan salah satu dokemen diri yang banyak diperlukan, seperti untuk masuk sekolah sampai pembuatan paspor ketika akan keluar negeri. Karena itu, ia mengimbau dinas terkait bekerja sama dengan pihak kecamatan dan kelurahan/desa terus melakukan sosialisasi pentingnya akta kelahiran pada masyarakat.

“Yang juga perlu disampaikan, bahwa membuat akta kelahiran bukan hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Banyak warga yang belum memiliki dokumen itu. Kita harapkan semua warga mempunyai akta kelahiran, masalah nanti digunakan atau tidak yang penting sudah ada dulu, jadi ketika diperlukan tidak repot mengurusnya lagi," tambah dia.

Erwan juga menyatakan, membuat akta kelahiran sama sekali tidak dipungut biaya, jadi tinggal keinginan dari warga saja untuk mengurusnya. "Beberapa tahun lalu memang ada biaya, bahkan bagi warga yang usianya di atas satu tahun cukup tinggi, tapi sekarang semuanya gratis, jadi tinggal ada kemauan saja," ujarnya.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kependudukan dan  Catatan Sipil, jumlah warga yang belum memiliki akta kelahiran sekitar 15 persen dari total penduduk Pandeglang 1,3 juta jiwa. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply