» » Konsumsi Pil KB Terlalu Lama Bisa Picu Kebutaan?

Dream - Alat kontrasepsi beraneka ragam, salah satunya pil KB. Untuk para ibu yang memilih alat kontrasepsi ini sebaiknya hindari penggunaan jangka panjang.
Sebab menurut penelitian dikutip Mirror, Kamis 4 Febuari 2016 penggunaan pil KB yang terlalu lama berisiko memicu gangguan penglihatan bahkan sampai kebutaan.

Temuan mengejutkan ini diperoleh dari penelitian yang melibatkan 3.406 wanita berusia 40 tahun yang ditanya tentang sejarah reproduksi mereka. Mereka juga diminta menjalani pemeriksaan mata .
Hasilnya, para ilmuwan menemukan jika pil KB berperan dalam glaukoma dan membuat wanita berisiko gangguan mata. Hasil penelitian inipun dipresentasikan American Academy of Ophthalmology di New Orleans.

Glaukoma muncul akibat penumpukan tekanan fluida di mata. Lambat laun tumpukan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada saraf optik.

Para peneliti juga mengatakan wanita yang menggunakan kontrasepsi oral selama tiga tahun atau lebih, didiagnosis dua kali lebih berisiko glaukoma.

Namun tak semuanya ancaman kebutaan ini diipicu penggunaan jangka panjang pil KB> Tim juga melihat riwayat keluarga, keturunan, peningkatan tekanan di mata dan diabetes.
Pemimpin studi Profesor Lin Shan dari University of California di San Francisco mengatakan wanita pengguna pil KB perlu menjaga kondisi matanya.

"Wanita yang menggunakannya selama tiga tahun harus di-screening untuk glaukoma diikuti pemeriksaan mata," katanya.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply