» » Apa Yang Harus Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Ngegame?

Vemale.com - Jika 2 dekade yang lalu, anak-anak pada masa itu melepaskan stres dengan bermain bersama teman-temannya, mungkin hari ini kondisi tersebut telah bergeser. Hiburan bagi anak-anak masa kini adalah dengan bermain game di gadget yang bisa diunduh bebas dengan mudah.

Ada banyak game menarik yang dapat dimainkan di gadget oleh anak-anak. Beberapa game bisa merangsang kreativitas, kemampuan sosial, logika dan bahasa. Namun kenyataannya, game juga menimbulkan kecanduan pada anak-anak. Hal ini tentunya membahayakan. Pasalnya, banyak game-game di gadget yang tampilannya menarik bagi anak-anak tetapi sesungguhnya bukan untuk dimainkan oleh mereka. Wah! Lalu bagaimana caranya menghindarkan anak dari kecanduan main game dan efek negatif lainnya?
  • Cek Ratingnya

    Sebelum mengunduh game untuk anak-anak, orang tua wajib mengetahui ratingnya. Di rating tersebut akan dijelaskan jenis gamenya, usia minimal pengguna dan penjelasan konten-konten yang mungkin memicu kekerasan, konten seksual ataupun bahasa yang kasar.
  • Ketahui Efek Negatifnya

    Setiap anak berbeda-beda, tetapi secara umum penelitian menunjukkan efek-efek negatif yang sama pada anak yang telah kecanduan main game, yaitu mimpi buruk, berkata-kata kasar, perilaku agresif, menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalanya, ketakutan berlebih dan kurang empati terhadap lingkungan sosialnya.
  • Sepakati Waktu Bermain

    Berikanlah waktu bermain khusus untuk anak agar tak setiap waktu ia memegang gadget untuk main game. Misalnya, 2 jam di hari Minggu setelah makan siang. Atau buatlah voucher reward 1 jam bermain game di hari biasa, jika sang anak berhasil mengerjakan hal-hal produktif. Dengan cara ini Moms dapat mengontrol waktu bermain game si kecil agar tak kebablasan.
  • Pilih Game Yang Berkualitas

    Ada banyak pilihan game seru yang bisa diunduh, misalnya game trivia ilmu pengetahuan dengan alur bermain yang menarik atau game olah bahasa. Game-game ini dapat meningkatkan produktivitas anak menjadi lebih baik, sekaligus bermain sambil belajar dengan cara yang berbeda.
Di zaman serba digital ini, anak-anak lebih cepat mempelajari cara kerja gadget. Secara teknis memang mereka dapat menguasai dengan baik, tetapi diperlukan kebijakan dan pengawasan orang tua agar sang anak tak kebablasan. semoga informasi ini berguna untuk Anda.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply