» » Kapan Batas Usia Anak Boleh Mandi bersama Kakak atau Adik?

KOMPAS.com — Banyak ibu yang memilih memandikan anak secara bersamaan untuk menghemat waktu. Cara ini, tak bisa dimungkiri, terbilang efektif untuk ibu bekerja yang memiliki lebih dari satu anak.
Namun, hati-hati. Pasalnya, pakar mengatakan bahwa ada usia ketika anak tak boleh lagi mandi bersama saudaranya.

"Secara umum, usia paling baik untuk berhenti memandikan anak berbarengan dengan kakak atau adik dengan jender yang berbeda adalah usia empat tahun," ujar Dr Fran Walfish, Beverly Hills Child, seorang psikoterapis hubungan dan keluarga.

Walfish yang juga penulis buku The Self Aware Parent menguraikan, ketika ada salah satu anak yang mulai menunjukkan ketertarikan akan alat kelamin dari saudaranya, dia memperingati bahwa itu juga merupakan tanda untuk segera memisahkan waktu mandi anak-anak Anda.

Sebelum memisahkan anak mandi bersama, Dr Walfish mengharuskan orangtua untuk memberi penjelasan yang masuk akal pada anak. Tujuannya agar tak menimbulkan kesalahpahaman atau anak merasa malu atau bersalah akibat bertanya mengenai alat kelamin dan seksualitas.

Anda, sebagai orangtua, jangan pula merasa resah saat anak menunjukkan ketertarikan dengan alat kelamin.
"Belajar mengenai tubuh mereka dan seksualitas mereka sendiri adalah hal yang sepenuhnya normal dan sehat dalam fase tumbuh kembang anak. Balita berusia dua tahun sadar akan kelamin orangtuanya dan mengidentifikasi miliknya sendiri," terangnya.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply