» » Saat Gunakan AC atau Kipas Angin, Jangan Arahkan Langsung ke Bayi

Jakarta, Saat melihat bayinya berkeringat, orang tua mungkin buru-buru mengarahkan kipas angin maupun AC langsung ke arah bayi. Kebiasaan ini sebaiknya tidak dipelihara. Sebab salah satu risikonya, bayi bisa mengalami bell's palsy atau wajah petot.

Kepada detikeHealth, dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya, menjelaskan hingga saat ini belum diketahui secara jelas apa penyebab bell's palsy. Namun, beberapa teori menyebut infeksi virus, reaksi autoimun, atau terpapar rasa dingin terus menerus bisa menyebabkan bell's palsy.

"Bell's palsy sendiri bisa terjadi mulai dari bayi hingga orang dewasa. Maka dari itu, dianjurkan untuk tidak mengarahkan kipas atau AC langsung ke bayi," saran dr Meta.

dr Meta juga menyarankan agar selalu memerhatikan kebersihan kipas dan AC. Jika berbulan-bulan tidak dibersihkan, debu bisa bersemayam di peralatan eletronik tersebut, sehingga ketika digunakan, debunya bisa beterbangan ke mana-mana.

Baca juga: Fakta-fakta Bell's Palsy, Penyakit yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku Separuh

Bell's palsy adalah penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dan sejenisnya

Perlu diingat, bell's palsy bukan disebabkan oleh stroke. Segera temui dokter jika Anda mengalami kelemahan pada wajah, atau jika salah satu sisi wajah terlihat melorot tiba-tiba.(vit/vit)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply