» » Dalam 5 Tahun, BPBD Targetkan Pembentukan Desa Tangguh Bencana



BPBD Provinsi Banten, menggelar pembentukan Desa Tangguh Bencana untuk Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, di Hotel Wira Carita, Selasa (19/04/2016) sampai dengan Kamis (21/04/2016).

KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, menargetkan pembentukan Desa Tangguh Bencana di 500 Desa yang terdampak dan terpapar bencana, di seluruh wilayah Provinsi Banten, dapat dibentuk dalam kurun 5 tahun mendatang.

“Pada tahun ini, kami membentuk 8 Desa Tangguh bencana. Target saya dari 1.351 Desa di Banten, minimal dalam 5 sampai 10 tahun kedepan saya bisa membentuk 500 desa tangguh. Kemudian dari 151 Kecamatan, saya pun akan membentuk satuan tugas (satgas) di 114 Kecamatan yang terdampak bencana,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Mitigasi, Bidang Pencegahan pada BPBD Provinsi Banten, Uus Kuswoyo, Rabu (20/04).

Uus mengatakan, kriteria pembentukan Desa Tangguh itu sendiri, dilihat dari potensi bencana yang ada di wilayah tersebut.

“Kriteria dari Desa Tangguh ini memang wilayah yang lebih banyak terpapar bencana, kemudian masyarakatnya perlu kita sadarkan dan masyarakat yang ekonomi menengah kebawah dan hidupnya tergantung kepada pertanian” jelas Uus.

Ia berharap dengan adanya pembentukan Desa Tangguh, masyarakat dapat lebih sadar menjaga lingkungan dan perangkat desa setempat dapat membuat kajian dan peta desa yang berisi akan potensi bencana.

“Minimalnya, desa ini akan memperbaiki lingkungan termasuk desa ini akan membuat perencanaan. Bagaimana kita akan melakukan pembangunan-pembangunan yang mendukung kepada penanggulangan bencana,” tutur dia. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply