» » Entaskan Desa Tertinggal, Bupati Harapkan Bantuan Pemerintah Pusat


Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban (kiri), saat mendampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar di Kecamatan Panimbang.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, pemerintah pusat melalui kementerian terkait, dapat membantu mengentaskan desa tertinggal yang ada di Pandeglang.

“Kan kita APBD nya kecil, makanya kalau kita mengharapkan hanya dari APBD kita yang hanya 2,1 triliun saja, gak cukup. PAD kita juga kecil 160 miliar,” ujar Irna beberapa waktu lalu.

Untuk itu, dibutuhkan peran aktif kepala daerah yang dibantu dengan kepala SKPD, agar Kementerian terkait dapat mengucurkan bantuan program untuk Pandeglang. Sementara dana APBD Pandeglang, menurut Irna, dapat fokus diperuntukan guna pembangunan program prioritas seperti infrastruktur.

“Untuk itu Bupati dan seluruh para kabinet-kabinetnya harus kerja keras ngajul-ngajul (mengajukan permohonan bantuan, red) ke pusat. Dengan begitu turunlah program dari kementerian-kementerian dan tidak hanya Kementerian PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal) saja kita bekerja, ke menteri PU, Pariwisata dan Olahraga. Supaya APBD punya kita fokus untuk infrastruktur, yang dari APBD Provinsi dan APBN kita bisa arahkan ke pelayanan kesehatan, kesejahteraan petani, nelayan. Jadi kita hemat-hemat yang APBD fokus ke tiga prioritas saja,” imbuh Irna.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang, Anwar Fauzan menyatakan, pengentasan desa tertinggal terus dilakukan, dan saat ini terbantu dengan adanya bantuan dana desa dari pemerintah pusat.

"Sekarang jumlah desa tertinggal tersisa 70 desa, dan diharapkan bisa dientaskan dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Anwar menerangkan, pengentasan desa tertinggal merupakan salah satu program prioritas, dan bagian dari upaya mengeluarkan Pandeglang dari ketertinggalan.

"Kalau desa sudah maju, maka kecamatan juga maju. Jika semua kecamatan maju dan kabupaten juga akan maju dan keluar dari ketertinggalan," ujarnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply