» » Tahukah Kamu? Ternyata Ini Cara Yang Benar Untuk Minta Maaf

Vemale.com - Kamu akan selalu berhadapan dengan masalah dan terkadang kamu atau orang lain harus minta maaf atas kesalahan yang sudah diperbuat. Tapi terkadang kamu bisa menilai apakah seseorang tulus minta maaf atau justru sebaliknya. Kamu mungkin akan mengalaminya sendiri, dan banyak orang akan dengan mudah bilang 'maaf'.
Tak heran jika kemudian banyak orang merasa sulit memaafkan seseorang atas kesalahannya. Itulah buruknya, ternyata tak semua orang tahu bagaimana 'cara yang benar' untuk minta maaf.  Sekelompok peneliti di Ohio State University melakukan penelitian mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan maaf dan apa yang membuat sebuah permintaan maaf itu menjadi permintaan maaf yang baik.
Ternyata, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ada enam kunci utama bagaimana bisa sebuah permintaan maaf termasuk permintaan maaf yang efektif dan baik. Yang kamu butuhkan adalah

 Rasa penyesalan
  1. Penjelasan mengenai kesalahan yang sudah terjadi, mengapa hal ini menjadi seperti ini, apanya yang salah dalam hal ini 
  2. Mengakui kesalahan, menyadari adanya rasa tanggung jawab atas kesalahan yang sudah dilakukan
  3. Berjanji tak akan mengulangi kesalahan
  4. Berkata atau berjanji akan memperbaiki kesalahan
  5. Yang terakhir adalah meminta lawan bicara memaafkan kesalahan.
Untuk menguji keenam hal ini, para peneliti meminta 755 sukarelawan yang diberi skenario permintaan maaf dan mencoba melihat faktor mana yang punya andil besar jadi permintaan maaf efektif untuk dimaafkan dan dinilai jadi permintaan maaf yang baik.
Hasilnya, ada dua kunci utama yang paling efektif dalam minta maaf, yaitu mengakui kesalahan dan berjanji akan memperbaiki kesalahan tersebut. Sedangkan faktor yang kurang meyakinkan sebagai permintaan maaf adalah poin ke-6, hanya minta maaf. Hal ini tak membantu karena semua orang bisa dengan mudah mengatakan "maaf" meski mereka tak benar-benar merasa perlu minta maaf.
Kata-kata bisa diucapkan dengan mudah dan murah, namun kamu tahu mana yang tulus, mana yang hanya omong doang. Minta maaf tentu harus dilakukan untuk menjaga hubungan sosial, dan pastikan kamu memasukkan semua komponen minta maaf di atas sehingga permintaan maafmu diterima ya ladies.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply