» » Pandeglang Masih Kekurangan Dokter


Para dokter yang tergabung dalam kepengurusan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pandeglang, saat menggelar kegiatan pengobatan gratis, dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2016, di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (15/05/2016).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Hingga saat ini, jumlah dokter di Kabupaten Pandeglang masih kurang. Hal itu terlihat dari belum seimbangnya antara jumlah Puskesmas dengan jumlah tenaga dokter. Jumlah itu jelas belum memadai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pandeglang, Dr. Darmawan mengatakan, saat ini jumlah Dokter di Kabupaten Pandeglang berjumlah 114 yang tersebar di 35 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Jumlah tersebut, kata dia, sangat tidak ideal untuk melayani ribuan masyarakat dalam satu Kecamatan.

“Berbicara tentang pemerataan kita agak prihatin ya, karena Pandeglang ini kita cuma punya dokter itu 114 untuk luas wilayah Pandeglang yang begitu luas dari satu titik ke titik lain begitu jauh. Dokter umumnya ada 80-an dan dokter spesialisnya ada 30-an,” ujar Dokter spesialis mata ini saat kegiatan Pengobatan Gratis dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2016, di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (15/05/2016).

Pria yang akrab di sapa Dr. Dadang ini melanjutkan, untuk menjangkau pengobatan ke wilayah pelosok di Kabupaten Pandeglang, kata dia, pihaknya terus berupaya menggelar berbagai kegiatan seperti pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dan program lainnya.

“Selain pengobatan gratis, kita juga melakukan kegiatan operasi katarak, seperti tahun lalu di Kecamatan Cibaliung, terus kemudian kita melakukan penyuluhan dan kejasama dengan Dinas Kesehatan termasuk anti pemasungan dan menekan angka kematian ibu dan anak pasca kelahiran,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku keberadaan dokter khususnya dokter spesialis di Pandeglang masih minim. Hal ini dikarenakan, pendapatan yang diterima para dokter tidak seperti Kabupaten dan Kota lainnya di Provinsi Banten.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, akan menganggarkan tunjangan yang layak kepada para dokter yang bekerja di Kabupaten Pandeglang.

“Nanti kita akan anggarkan untuk pendapatan yang baik bagi para dokter spesialis di Pandeglang. Karena kita juga tahu, banyak dokter yang enggan bekerja di Pandeglang, karena kita tidak mampu bayar besar seperti di Kabupaten dan Kota lainnya di Banten,” terangnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply