» » Pemkab Komitmen Kembangkan Batik Cikadu


Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat mencanting Batik di Garuda Pendopo Pandeglang, Rabu (11/05/2016).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar menganggarkan pembelian batik bermotif Badak Bercula Satu yang dikelola oleh pengrajin Batik Cikadu, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) 2016.

“Setiap SKPD di APBD Perubahan ibu minta anggarkan (pembelian batik), jadi seragam di Pandeglang hari Kamis Jumat kan pake batik, jadi (hari) Kamis pakai batik kita (batik khas badak),” ujar Irna saat mengundang pelaku pengrajin Batik Cikadu, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, di Garuda Pendopo Pandeglang, Rabu (11/05/2016).

Irna berniat berkomitment mengembangkan batik Cikadu Tanjung Lesung. Sebab, batik tersebut berpotensi menjadi batik khas daerah Pandeglang. Bahkan, Irna meminta kepada Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagpas) Olis Solihin yang mendampinginya agar dapat memberikan bantuan permodalan.

“Insha Allah ibu inginnya ada gerai. Gerai produk sentra unggulan Pandeglang. Nanti di gerai itu ada hasil alam kita, ada juga batik kita, UKM lainnya, supaya para wisatawan yang keluar dari Cibaliung, Pulau Umang atau Tanjung Lesung, mau ga mau akan belanja produk unggulan. Tapi ibu tahu, modalna eweuh (tidak ada modalnya, red),” kata Irna yang disambut tawa.

Sementara itu, Kepala Diskoperindagpas Pandeglang, Olis Solihin mengaku siap menjalankan amanat Bupati untuk mengembangkan Batik Cikadu. Untuk itu, pihaknya berencana akan memberikan pelatihan bagi para pengrajin serta akan membuka galeri untuk pemasaran batik tersebut.

“Kami mendukung penuh langkah ibu Bupati, karena batik Cikadu ini sangat bagus menjadi pakaian khas Pandeglang. Kami juga akan mendorong supaya batik ini masuk kepada setiap kawasan wisata di wilayah Pandeglang,” ungkapnya.

Namun, Olis meminta agar para pengelola Batik Cikadu agar segera membentuk koperasi yang berbadan hukum. Karena hal itu merupakan salah satu syarat bantuan dari Pemerintah.

Mendengar arahan dari Olis, para pengelola Batik Cikadu menyatakan kesiapan membuat koperasi. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply