» » Pemkab Wacanakan Program Smart Village


Dari kiri ke kanan. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang, Muhaemin, Kepala Dishubkominfo Pandeglang, Yahya Gunawan dan Bupati Pandeglang, Irna Narulita dalam kegiatan Coffee Morning, Kamis (02/06/2016).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang mewacanakan untuk menjadikan Desa sebagai poros utama kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan merencakan program Smart Village atau Desa Pintar.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, kedepan semua Desa yang ada di Pandeglang akan mampu menerima perkembangan TIK dan langsung bisa mempromosikan potensi-potensi yang ada di desa diantaranya potensi bidang wisata.

“Cita-cita ibu itu ingin Pandeglang jadi kawasan wisata favorit di Provinsi Banten. Untuk itu diperlukan inovasi-inovasi yang baik untuk memajukan potensi Desa. Kita berkompetisi, dan kebetulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ada di Pandeglang sehingga rencana kami kedepan adalah wisata yang paling terfavorit gitu ya, jadi harapan kami wisata yang baik yang halal ada di Pandeglang,” ungkap Irna pada saat agenda Coffee Morning dengan unsur media di Pandeglang, Kamis (02/06/2016).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan mengatakan, program Smart Village searah dengan program yang diusung Presiden Joko Widodo. Dengan penguatan di sektor terbawah yakni desa, tambah Yahya, akan menjadikan sebuah daerah juga akan semakin maju dan berkembang.

“Sebenarnya maksudnya ini senada dengan apa yang menjadi programnya Pak Jokowi ya. Pak Jokowi kan membangun dari desa. Kita searah dengan pembangunan yang dilaksanakan. Artiannya kan kalau desanya kuat otomatis dong kabupatennya kuat,” ujar Yahya.

Yahya menjelaskan, dengan program tersebut, nantinya Desa akan mampu untuk membuat website yang isinya berupa profil serta potensi yang ada.

“Yang sekarang sudah dimunculkan, setiap desa itu ada bantuan dari Stisip Banten Raya, sudah membuat website desa. Nah ini aparatur Desa dilatih untuk mengupdate data dan menambah menu. Itu diberikan pelatihan oleh mahasiswa pada saat KKM, sekarang sedang berjalan,” tambah dia.

Dengan adanya kemudahan jaringan internet ke setiap desa dipastikan akan mampu meningkatkan ekonomi desa. Karena melalui media website dan media sosial lainnya desa bisa mempromosikan potensi desa yang ada.

“Kami optimistis Pandeglang bisa menjadi kawasan smart village, dan hal ini juga sangat cocok sebenarnya untuk daerah Pandeglang yang daerahnya juga masih sangat luas, dengan jaringan internet informasi akan cepat diterima meski jaraknya sangat jauh,” imbuhnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply