» » Jembatan Karyasari Diperbaiki Warga Secara Swadaya


Kepala Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Dedi Rivaldi saat memantau perbaikan jembatan di Kampung Cikiray, Desa Karyasari, Selasa (19/07/2016).

KRAKATAURADIO.COM, CIKEDAL - Puluhan warga di Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten, memperbaiki jembatan yang menghubungkan Desa Karyasari dengan Desa Muruy, Kecamatan Menes secara swadaya, Selasa (19/07/2016).

Kepala Desa Karyasari, Dedi Rivaldi mengatakan, dana perbaikan jembatan berasal dari anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, yang bersumber dari APBD Banten 2016, dilakukan warga dengan melibatkan perangkat desa setempat.

“Gotong royong sudah mulai dilakukan sejak hari Senin (18/07-red). Ini dibantu BDBD Banten, dibantu hanya bahan material. Kalau pekerjaan itu diserahkan ke Desa dan masyarakat setempat karena yang mengerjakan masyarakat,” ujarnya saat ditemui dilokasi perbaikan jembatan.

Menurut Kades, dengan dilakukan secara swadaya, kekompakan yang terjalin akan semakin menguatkan kesolidan masyarakat khususnya dalam membangun Desa.

“Alhamdulillah kompak, kemarin saja sekitar kurang lebih 150 masyarakat dari tiap-tiap kampung ada. Nah sekarang saya jadwal per kampung sampai selesai. Jadi satu kampung saya minta 6 orang untuk mengerjakan, tapi ada tukang intinya 1 orang,” tambah dia.

Pihaknya menargetkan, perbaikan jembatan tersebut akan rampung selama kurang lebih sebulan, karena melihat kondisi jembatan yang harus diperbaiki dari awal dan faktor cuaca yang kurang memungkinkan jika terjadi hujan.

“Ini target tadinya 15 hari, tapi dengan saya sudah konsul ke beberapa ahlinya ini gak bakal cukup satu bulan. Belum lagi faktor cuaca. Makanya saya ucapkan terimakasih kepada BPBD Banten yang sudah membantu terbantunya pembangunan jembatan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Suherman mengatakan, jalur yang dilintasi jembatan tersebut diantaranya menghubungkan Kecamatan Cikedal dengan Kecamatan Menes dan Jiput serta Labuan. Untuk itu, perbaikan jalan sangat perlu dilakukan agar akses masyarakat menjadi tidak terhambat.

“Ini jalan umum sebetulnya makanya sangat penting. Kami dari masyarakat sendiri selalu siap untuk membantu proses pembangunan agar Desa menjadi lebih maju lagi,” katanya.

Sebelumnya, jembatan di Kampung Cikiray, Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, jebol, Minggu (10/4/2016). Diduga jebolnya jembatan tersebut, karena volume air yang besar saat hujan deras turun, dan sudah lama tidak tersentuh oleh perawatan dari Dinas terkait. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply