5 Pelajaran Penting yang Bisa Anda Ambil dari Sebuah Pernikahan

KOMPAS.com – Ketika membayangkan pernikahan, tentu yang muncul dalam benak kita adalah pesta pernikahan. Akan tetapi, pernikahan lebih dari sekadar pesta dan tinggal di rumah yang sama.
Di dalam pernikahan, sebenarnya ada banyak makna terselubung yang bisa diambil sebagai sebuah pelajaran kehidupan.

Berikut uraiannya menurut para pakar hubungan.

1. Ketika Anda pulih dari kekecewaan besar pertama
“Awalnya Anda memiliki mimpi dan fantasi tentang pasangan yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Namun, seiring berjalannya waktu Anda menyadari bahwa pasangan Anda tidak sempurna,” kata Gal Szekely, pendiri Couple Center, pusat terapi pasangan di California.
Menurut Szekely, hal ini akan membuat Anda belajar untuk berada dalam sebuah hubungan dengan orang yang nyata ketimbang hanya berfantasi.

2. Ketika Anda bertahan bersama dalam keadaan yang krisis
Hidup tidak selalu merasakan kesenangan, terkadang Anda pun mengalami masa-masa sulit setelah pernikahan.

“Ketika Anda bertahan dalam masa krisis dan menyesuaikan diri, hal ini akan menjadi tonggak yang membuat Anda dan pasangan jauh lebih terhubung,” kata Carin Goldstein, seorang terapis pernikahan dan keluarga di California.

3. Ketika Anda menerima bahwa Anda dan pasangan adalah sebuah tim
Dalam menjalani pernikahan, tentu Anda dan pasangan akan menghadapi ujian. Di saat itulah hubungan Anda akan semakin kuat.

"Diurus maupun mengurus seseorang untuk sementara waktu merupakan bukti keintiman yang nyata. Saat itulah Anda tahu bahwa Anda dan pasangan adalah sebuah tim dalam suatu hal yang disebut kehidupan,” kata Heather Gray, seorang  terapis asal Massachusetts.

4. Ketika Anda bisa tertawa setelah berhubungan seks
Biasanya keaadan menjadi canggung setelah berhubungan seks. Akan tetapi, menurut Szekely, jika Anda dan pasangan sudah terbuka dalam membicarakan apa yang terjadi saat berhubungan seks, bahkan tertawa; maka kehidupan intim Anda terus berkembang.

5. Ketika Anda benar-benar minta maaf karena menyakiti satu sama lain.
Sementara itu, menurut Gray, dalam hubungan yang panjang akan ada suatu waktu di mana Anda atau pasangan tanpa sengaja saling menyakiti secara emosional.

Namun, yang terpenting adalah cara Anda dan pasangan bangkit kembali. Seiring berjalannya waktu, Anda dan pasangan akan belajar untuk meminta maaf dengan tulus, bertanggung jawab, dan bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan kembali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.