Cara Mudah Hilangkan Stres Saat Akhir Pekan di Rumah

KOMPAS.com -- Ketika Anda merasakan stres, sebenarnya banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya. Jika Anda bukan tipe orang yang suka berada di luar rumah, Anda bisa menghilangkan stres di rumah ketika libur bekerja. Salah satu caranya adalah menghilangkan stres malalui hobi Anda.
"Sangat penting untuk memiliki hobi yang menghilangkan stres, karena ada begitu banyak hal dalam hidup kita sehari-hari yang menyebabkan stres," ujar John Turner, Pendiri QuietKit.
Untuk itu tunggu apalagi, jika Anda sedang stres lakukan beberapa hal di bawah ini dan usahakan untuk melakukannya secara rutin.

1. Menulis jurnal dan membaca
Beberapa studi mengatakan bahwa menulis dapat membantu mengurangi stres. Anda dapat menulisk apapun yang Anda rasakan. "Keuntungan dari menulis adalah tidak adanya aturan dan hanya ada kreatifitas pribadi dalam mengungkapkan pikiran dan emosi," kata Rebecca Lee, perawat terdaftar dan pendiri RemediesForMe.com. Selain menulis, Anda juga bisa membaca, agar otot tidak tegang.

2. Berkebun
Studi dari Journal of Health Psychology mengatakan berkebun dapat menurunkan stres dan meningkatkan mood positif. "Berkebun membawa Anda lebih dekat dengan bumi, dan memungkinkan Anda untuk menyembuhkan diri sendiri dengan merawat makhluk hidup lainnya," kata ahli akupunktur dan jamu Michelle Polk.

3. Mendengarkan musik
Menurut Harvard Health, mendengarkan musik setidaknya 30 menit dalam sehari bisa menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung Anda, mengurangi stres dan kecemasan.

4. Mewarnai
Menurut Medis Daily, banyak penelitian yang mengatakan bahwa seni ini berhasil mengurangi tekanan, dan juga dapat membantu gejala kecemasan dan depresi. Sebab, ketika Anda mewarnai, Anda hanya akan berfokus pada satu hal saja.

5. Membuat kue
Jika Anda memiliki hobi ini, lakukanlah. Menurut survei, membuat kue ini juga bisa mengurangi stres Anda.

6. Memiliki hewan peliharaan
Studi menunjukkan bahwa menjaga hewan peliharaan dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan mood, menurut WebMD. Dengan memiliki hewan, Anda juga banyak belajar bertanggung jawab dan memiliki teman baru sehingga tidak kesepian. Perhatian pada hewan peliharaan juga membantu Anda untuk mengalihkan pikiran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.