» » Jelang Idul Adha, Harga Kerbau Rp 12 Juta



Salah satu lapak penjual hewan kurban di Kecamatan Labuan.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Jelang hari raya Idul Adha, harga hewan ternak  seperti kambing dan kerbau di Kabupaten Pandeglang mengalami kenaikan. Untuk harga hewan kerbau khususnya yang akan dijadikan kurban, saat ini mencapai Rp 12,5 juta, naik dari tahun sebelumnya yakni Rp 9 sampai 10 juta. Sementara untuk harga hewan ternak kambing atau domba, saat ini mencapai Rp 2,5 juta, naik Rp 500 ribu dari tahun sebelumnya.

Salah satu penjual hewan ternak di Kecamatan Labuan, Wawan mengatakan, adanya kenaikan harga ini, memang dipengaruhi momen menjelang Idul Adha awal September ini. Selain itu kurangnya pasokan hewan ternak di Kabupaten Pandeglang.

"Kenaikan ini karena khususnya di Pandeglang itu intinya akibat kurang pasokan atau pemerintah kurang perhatian dan belum begitu memperhatikan terhadap para petani dan peternak,” ujarnya saat ditemui di lapaknya, Selasa (23/08/2016).

Dia memperkirakan kenaikan harga akan terus terjadi sampai pelaksanaan hari raya kurban. "Kenaikan sudah terjadi mulai seminggu yang lalu," ujarnya.

Meski harga hewan ternak khususnya yang akan dijadikan kurban mengalami kenaikan, namun para pedagang tidak bisa menikmati keuntungan yang banyak. Pasalnya, justru tingkat jumlah pembeli mengalami penurunan.

“Jadi hanya beberapa orang yang menanyakan saja yang pengen tahu ini harganya berapa. Tapi untuk membeli kemungkinan nunggu hari H. Saya juga udah 15 hari disini mangkal belum ada yang beli satupun,” tambah dia. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply