» » Kesadaran Masyarakat Memasang Atribut Bendera Selama Bulan Agustus Masih Minim


Bendera Merah Putih yang dipasang di kantor Krakatau Radio, Senin (01/08/2016).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Kesadaran masyarakat dalam memasang atribut bendera merah putih selama bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia, masih minim. Hal itu dapat terlihat dari pantauan Krakatau Radio, di sepanjang jalur protokol dan area perkampungan yang ada di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada Senin (01/08/2016) siang.

Di sepanjang jalur menuju pasar Labuan, kibaran bendera sang merah putih hanya terdapat di beberapa kantor atau gedung, diantaranya di kantor Telkom Labuan, gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Labuan, dan di gedung Shelter Tsunami.
Sementara, di Kantor Pemerintahan, seperti Kecamatan dan gedung sekolah, nampak belum dipasang atribut bendera.

Salah satu warga Kecamatan Labuan, Tisna Sutisna mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat dalam memasang atribut bendera merah putih di moment bulan Agustus sudah sangat berkurang. Menurut dia, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan kesadaran dalam mengenal sejarah Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Kalau melihat sekarang sepertinya kurang, tidak seperti ditahun 2000 kebawah. Dulu mah masyarakat jelang bulan Agustus, sudah mengecat rumah, memasang bendera. Tapi sekarang mah biasa saja,” ujarnya Senin (01/08).

Tisna menyebut, faktor dari kesadaran masyarakat dalam memasang bendera selama bulan Agustus, dikarenakan kurangnya kepedulian akan sejarah bangsa, dan kurangnya sosialisasi dari pihak pemerintah.

“Sepertinya karena sekarang zaman sudah maju, jadi untuk mengenal sejarah kurang mementingkan. Pemerintah juga kayanya belum maksimal dalam memberikan imbauan memasang bendera, tapi mudah-mudahan sih kedepannya tidak,” kata dia.

Warga Labuan lainnya, Uji mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat memasang bendera merah putih selama bulan Agustus, karena kurang peduli akan makna dari kemerdekaan RI.

“Zaman sekarang mah sepertinya sudah masing-masing aja. Dulu mah beda, banyak perlombaan di kampung. Terus kalau belum pasang bendera, kena tegur aparat desa atau petugas dari Kecamatan,” imbuhnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply