» » » Mengenal Wisata di Pandeglang Melalui Explore Pandeglang



Salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dikenal mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang sangat eksotik dan memanjakan mata. Sebut saja keindahan pantai, danau, gunung dan wisata lainnya. Keindahan alam ini merupakan anugerah yang ada di Pandeglang, yang harus kita jaga dan lestarikan lingkungannya.

Untuk mengenalkan potensi wisata di Pandeglang ke masyarakat luas, sekumpulan muda-mudi di Kabupaten Pandeglang, yang tertarik pada dunia pariwisata, travel, jelajah alam dan fotograpi tergabung ke dalam komunitas Explore Pandeglang.

Menurut pencetus Komunitas Explore Pandeglang, Imron Mulyana, Explore Pandeglang didirikan sejak tahun 2013 lalu. Alasan ia mendirikan komunitas ini untuk mengenalkan potensi wisata dan potensi budaya yang ada di Kabupaten Pandeglang, kepada masyarakat dan khalayak ramai.

“Awalnya Explore itu diisi anak-anak muda yang memang hobi traveling dan hobi fotograpi. Tapi belakangan berkembang, karena ketika mereka jalan-jalan, harus menghasilkan sesuatu. Nah sebelum kita ngangkat daerah lain kenapa tidak kita angkat daerah sendiri melalui Explore Pandeglang,” ujarnya saat berbincang dengan Krakatau Radio.

Kerajinan membuat patung badak bercula satu di Kecamatan Sumur.
Pria yang akrab disapa Iim ini menambahkan, target dari komunitas ini tidak hanya mengangkat potensi pariwisata alam, namun juga potensi budaya dan industri dan ekonomi kreatif.

“Beberapa destinasi yang kita kunjungi dan kita share di media sosial, setelah di share dampaknya besar. Seperti destinasi di Desa Cinoyong Carita, tingkat kunjungan naik drastis, kemudian Curug Putri di Tahura Carita Banten. Setelah kita explore lewat video maupun foto, tingkat kunjungannya naik. Kedepan mudah-mudahan kita bisa menjelajah ke destinasi lainnya yang memang belum dikenal masyarakat Banten,” kata dia.

Pulau Badul.
Menurut pria yang bekerja di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) sebagai Kepala Seksi (Kasi) Promosi Wisata ini, potensi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang sangat luar biasa. Namun, beberapa potensi tersebut, belum banyak dikenal oleh masyarakat.

“Untuk wilayah Pandeglang selatan itu, menurut catatan kami ada 124 spot destinasi yang layak kita kembangkan. Apalagi kalo spot-spot ini direspon baik oleh pemerintah daerah kami yakin bisa menjadi tempat wisata. Kedepan kita harap data yang kita dapatkan, bisa jadi menjadi data awal untuk Pemda dalam mengembangkan destinasi wisata di Pandeglang,” tuturnya.

Dari hal yang sudah digambarkan, diharapkan para wisatawan semakin banyak meluangkan waktu liburnya dengan datang ke tempat wisata di Pandeglang. Namun, kedatangan wisatawan tentu saja tidak untuk merusak apalagi mencemari lingkungan, hal ini sesuai dengan salah satu moto dari Explore Pandeglang, yakni we live, we love and we hope. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply