» » Duduk Berjam-jam Bisa Bikin Nyeri Punggung, Begini Cara Mencegahnya

Jakarta, Banyak pekerjaan yang menuntut karyawannya untuk selalu duduk di depan meja komputer. Tapi hal ini justru berisiko untuk tulang punggung karena bisa menyebabkan nyeri.

"Salah satu orang yang berisiko terkena nyeri punggung yaitu orang yang banyak duduk," tutur dr Peni Kususumastuti SpKFR (K) dari RS Premier Jakarta dalam acara Allianz-RS Premier Bintaro Health Talkshow 'Tulang Belakang Sehat, Produktifitas Meningkat' di RS Premier Bintaro, Tangerang, Sabtu (17/9/2016)

dr Peni mencontohkan pekerjaan yang berisiko terserang nyeri punggung. Misalnya pegawai kantoran yang dituntut menyelesaikan deadline dan duduk di depan meja berlama-lama.

Lalu bagaimana mencegah nyeri punggung akibat duduk yang terlalu lama? Menurut dr Peni, yang bersangkutan harus duduk dengan benar.

"Kalau duduk yang benar, pantat harus ditempatkan di belakang dengan posisi tegap (menarik bahu ke atas). Kalau tidak otot akan bekerja dengan berat karena perlakuan (pada tubuh) yang salah dapat merusak tulang," sambung dr Peni.

dr Peni menyarankan untuk menggunakan bantalan kursi pada lengkungan tulang punggung. Selain itu disarankan juga merilekskan badan 5-10 menit dalam dua jam kepada pekerja kantoran agar tulang punggung tidak nyeri.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply